Thursday, April 25, 2024
HomeBoeing dan Korean Air Ubah Helikopter Tua Militer Korsel Jadi Drone

Boeing dan Korean Air Ubah Helikopter Tua Militer Korsel Jadi Drone

Purwarupa MD 500 Nirawak yang dipamerkan pada acara 2015 silam. Sumber: IHS Jane's
Purwarupa MD 500 Nirawak yang dipamerkan pada acara ADEX 2015 silam. Sumber: IHS Jane’s

Keterlibatan Boeing dalam proyek ini muncul setelah perusahaannya didapuk sebagai penerus pengembangan Little Bird yang pada mulanya dikerjakan oleh Hughes Helicopters. Boeing sebenarnya telah mengembangkan versi Little Bird tanpa awak milik mereka sendiri, yakni H-6U Unmanned Little Bird (ULB) yang pastinya akan turut mempercepat proses pengembangan KUS-VH.

Angkatan Darat Korea Selatan diperkirakan memiliki 175 unit helikopter MD 500 berawak (130 unit MD 500 untuk operasi pengawasan, dan 45 unit BGM-71 TOW untuk operasi tempur rudal). Helikopter diatas dibangun pada era 1970an oleh KAL-ASD sebagai pemegang lisensi. KAL-ASD juga sudah membekali diri dengan pengetahuan mumpuni untuk mengubah helikopter tua tersebut menjadi helikopter baru versi tanpa awak (UAV).

BACA JUGA :  Korea Selatan Tambah Pesanan Rudal Jelajah KEPD 350K Taurus

Sedangkan pengganti MD 500 yang baru (MD 500 dan Bell AH-1 Cobra) akan datang pada akhir 2016/awal 2017, dan akan mulai digunakan dalam operasi militer pada 2022 mendatang.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

pesawat-angkutcover

Beda Persepsi Antara KSAU dan Menhan Tentang Pesawat Angkut Berat

0
HobbyMiliter.com – Beda Persepsi Antara KSAU dan Menhan Tentang Pesawat Angkut Berat. Beda pendapat dalam rencana pengadaan alutsista memang sering terjadi. Contohnya dalam rencana...

Recent Comments