Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterDiacuhkan Filipina, Militer AS Semakin Mesra Dengan Vietnam

Diacuhkan Filipina, Militer AS Semakin Mesra Dengan Vietnam

70-vietnam-dukung-intervensi-amerika-serikat-di-asia-pasifik
USS John S. McCain yang tiba di Pangkalan Cam Ranh Bay, Vietnam, 2 Oktober 2016. Sumber: AFP

Dalam dialog kedua belah pihak, Abercrombie mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak akan mengubah strategi “keseimbangan ulang” yang telah mereka rancang pasca penolakan Presiden Filipina Rodrigo Duterte terhadap kehadiran militer AS di negaranya. Thailand yang masih dikuasai oleh junta militer pasca kudeta tahun 2014 masih menanggapi AS secara dingin. Hanya Vietnam yang menunjukkan tanda-tanda semakin membaik.

Keberpihakan Hanoi terhadap Washington mayoritas dikarenakan oleh penolakan terhadap dominasi Tiongkok yang merongrong wilayah perairannya. Amerika Serikat kemudian merespon dengan mencabut embargo militer terhadap Vietnam dan mendukung latihan militer gabungan demi memperkuat hubungan pertahanan kedua negara.

BACA JUGA :  Bagaimana Proses Pengadaan Alutsista TNI dari Amerika dan Rusia?

Awal bulan ini, dua kapal perang US Navy tiba di Pangkalan AL Cam Ranh Bay sebagai bentuk simbolis bahwa US Navy telah kembali ke Vietnam.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pengertian Ideologi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila

0
Pengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila - HobbyMiliter.com - Pengertian Ideologi Pancasila yang dianut Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bahwa berbagai nilai yang...

Recent Comments