Friday, December 9, 2022
HomeAlutsistaDrone UAVMenuju Penerbangan Pesawat Tempur Tanpa Awak Pilot

Menuju Penerbangan Pesawat Tempur Tanpa Awak Pilot

Lalu ide otomatisasi pun bermunculan. Menghadapi situasi yang mungkin kompleks, autopilot pun sering diminta bantuan. Sementara dalam dunia kemiliteran, ide pesawat tanpa awak – yang sudah hidup selama sekitar 70 tahun – kini mulai banyak mewujud. Memang pesawat telah berhasil menjadi semakin tidak kasat radar (stealthy), sehingga musuh semakin sulit untuk melacak dan menembaknya.

Tetapi, siapa dapat menjamin hal ini? Inggris dan Rusia pernah mengklaim bisa mendeteksi pesawat stealth Amerika seperti F-117 dan B-2. Padahal pesawat-pesawat tersebut dibuat dengan biaya yang sangat mahal. B-2 Spirit kini berharga sekitar satu miliar dollar atau hampir Rp 10 triliun per pesawat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Mideast Iran

Iran Kirim Kapal Perusak Ke Yaman, Potensi Konflik Dengan AS Meluas

0
Hobbymiliter.com - Angkatan Laut Iran telah meluncurkan armada kapal tempur berskala kecil ke wilayah perairan internasional untuk menjalankan beberapa misi jangka pendek, dimana salah...

Recent Comments