Saturday, July 20, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurMengenal RIO Pesawat Tempur F-14 Tomcat

Mengenal RIO Pesawat Tempur F-14 Tomcat

Siswa RIO F-14 Tomcat dikenal dengan kode R-RIO (Replacement RIO). Sebelum tiba di Virginia, mereka terlebih dulu disiapkan di VT-86 di Pensacola, Florida. Disini juga mereka mendapat wing NFO (Naval Flight Officer). Intinya, di FRS R-RIO diajarkan bagaimana bertempur di atas F-14 dalam empat fase silabus.

F-14 Tomcat merupakan sistem senjata yang magnificent. RIO duduk di kursi belakang.
F-14 Tomcat merupakan sistem senjata yang magnificent. RIO duduk di kursi belakang.

Keempat silabus memuat materi Familiarization (FAM), Weapon Control system (WCS), Strike, dan Tactics. Silabus FAM berisikan materi memahami prinsip dasar terbang Tomcat. Tahap ini dilalui sekitar 13-14 minggu dengan 245 jam instruksi.

BACA JUGA :  SAAB Luncurkan Fitur Baru Perkuat Radar Sea Giraffe

Dari namanya sudah tertebak, WCS adalah tahap pemahaman cara kerja radar dan persenjataan. Mulai dari prinsip intersep, menemukan musuh, mendeteksi, menemukan posisi musuh, hingga tahu kapan meluncurkan rudal. Singkat kata, bagaimana rudal bekerja dan kapan rudal itu digunakan. Tak ketinggalan pula bagaimana menangkal jammer. Total 14 minggu dengan 250 jam instruksi.

Sampai akhirnya siswa memasuki fase terakhir, Strike dan Tactics. Fase ini menekankan kepada peran RIO dalam operasi penerbangan F-14 Tomcat. Seperti FAC dan CAS, apa yang harus dilakukan RIO. Apa saja potensi ancaman dari darat, apa saja tipe pesawat musuh, atau tandingan rudal yang dimiliki musuh. Semua tahapan latihan disudahi dengan pertempuran udara. Mulai dari satu lawan satu, satu lawan dua, dua lawan unknown, hingga empat lawan unknown. Instruktur RIO di VF-101 rata rata mengatakan bahwa fase ini adalah yang tersulit bagi siswa.

BACA JUGA :  Su-34 Fullback: Fighter Bomber Favorit Rusia

Untuk siswa, ternyata tidak seluruhnya perwira muda. Istilahnya CAT I untuk perwira muda; CAT II transisi dari S-3 Viking, EA-6B Prowler, dari angkatan udara atau siswa mancanegara; CAT III mantan RIO yang sudah lama tidak terbang; sedang CAT IV adalah kru yang sekadar mempelajari sistem penerbangan pesawat dan semua bentuk instruksi. Mereka biasanya pilot uji, komandan wing udara (CAG), atau perwira penuntun pendaratan (LSO).

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

BTR4M Kormar

Panser Amfibi BTR-4M Pesanan Korps Marinir TNI AL Tiba Di Indonesia

3
Sore tadi, kapal barang MV. Texel yang membawa Panser Intai Amfibi BTR4M Bucephalus pesanan Korps Marinir TNI AL tiba di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta....

Recent Comments