Friday, July 1, 2022
HomeMiliterKisah MiliterKisah Alexander Finenko, Mata Mata Soviet Yang Ditangkap Indonesia Karena Pembocoran Rahasia...

Kisah Alexander Finenko, Mata Mata Soviet Yang Ditangkap Indonesia Karena Pembocoran Rahasia Negara

Sebagai perwira Angkatan Laut yang bertugas pada Dinas Pemetaan Angkatan Laut, data-data kelautan yang bisa di akses Susdaryanto menjadi target yang penting bagi KGB. Data data kelautan seperti peta alur pelayaran, situasi kadar garam, peta bawah laut tentu berguna bagi pergerakan kapal selam nuklir Soviet yang sering kucing kucingan dengan kapal pemburu AL Amerika.

Letkol Susdaryanto sendiri yang merupakan perwira yang cerdas dan pernah sekolah hydrografi di Amerika, namun berhasil di rekrut oleh mata mata Soviet karena beberapa hal yaitu, faktor uang dan masalah karier yang dirasa terhambat. Karena ditugaskan di Departemen Pemetaan membuat Letkol Susdaryanto merasa diparkir dan kariernya mentok sehingga ketidakpuasan itu menimbulkan rasa keinginan balas dendam. Kondisi ini ternyata tidak terdeteksi pimpinan namun justru diketahui Finenko dan kemudian memanfaatkan masalah Letkol Susdaryanto ini. Alexander Finenko pun dengan mudahnya merekrutnya sebagai aset lokal KGB tanpa waktu yang lama.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Perang Amerika vs Iran Dimulai? Rudal Iran Serang Pangkalan Amerika di Irak

Perang Amerika vs Iran Dimulai? Rudal Iran Serang Pangkalan Amerika di...

0
Perang Amerika vs Iran Dimulai? Rudal Iran Serang Pangkalan Amerika di Irak - HobbyMiliter.com. Iran diketahui meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik ke pangkalan...

Recent Comments