Friday, March 31, 2023
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaDatangnya Kapal Selam Type 218SG Pada Armada Bawah Air Singapura

Datangnya Kapal Selam Type 218SG Pada Armada Bawah Air Singapura

Type 218SG walaupun baru beroperasi pada tahun 2020, disebut-sebut sebagai kapal selam diesel listrik terbaik. Dikarenakan desain kapal selam ini merupakan gabungan dari dua tipe kapal selam yang cukup populer reputasinya, yaitu Type 212A serta Type 214.

Dan kedua pabrikannya pun menyandang predikat kampiun sebagai produsen kapal selam, ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS), perusahaan ini juga menggandeng Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW), galangan yang terkenal memproduksi kapal selam Type 209, termasuk produsen KRI Cakra 401 serta KRI Nanggala 402.

BACA JUGA :  Lawan Tiongkok, India Pinjamkan $500 Juta Kepada Vietnam

submarine2

Sebagai gabungan dari dua tipe kapal selam populer, wujud Type 218SG dipastikan akan membuat Singapura semakin disegani di kawasan Asia Tenggara. Salah satu contoh spesifikasi yang sudah pasti dimiliki Type 218SG adalah AIP. Dengan AIP maka mesin kapal selam tidak bergantung pada persediaan udara bebas seperti mesin pada umumnya.

Jika kapal selam bertenaga nuklir memiliki kelebihan menyelam dalam kurun waktu yang lebih lama hingga mencapai berbulan-bulan, kalau kapal selam diesel listrik memiliki kemampuan selam yang tidak terlalu lama, maksimum hanya 3 sampai 4 minggu kapal selam harus naik kembali ke permukaan, baik itu secara langsung maupun menggunakan snorkel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Lithuania Terima Unit Pertama IFV Vilkas

8
Lithuania Terima Unit Pertama IFV Vilkas - HobbyMiliter.com - Angkatan Bersenjata Lithuania dikabarkan telah menerima dua unit pertama kendaraan tempur jenis Infantry Fighting Vehicle...

Recent Comments