Thursday, April 25, 2024
HomeAlutsistaSenapanM79 Grenade Launcher, Senjata Legendaris di Kancah Perang Vietnam

M79 Grenade Launcher, Senjata Legendaris di Kancah Perang Vietnam

Cukup sulit mencari foto-foto M79 yang sedang digunakan oleh pasukan TNI, tapi Jane’s Infantry Weapons 2009/2010 mengatakan bahwa setidaknya Indonesia mendatangkan 108 pucuk M79 dari Amerika Serikat. Melalui program MAP (Military Assistance Program), AS disamping mengirimkan pelontar granat M79, juga memberikan senapan serbu M-16A1 dan senapan mesin regu M-60 GPMG.

Walaupun terlihat asing di Indonesia, tapi para netizen diyakini cukup akrab dengan pelontar granat ini, karena  kemunculannya dalam setiap adegan film berlatarkan Perang Vietnam. Dari berbagai informasi, karir M79 Grenade Launcher awalnya memang diketahui ketika digunakan militer AS dalam pertempuran di Vietnam pada tahun 1961.

BACA JUGA :  Melirik Kesaktian Tank Leopard 2RI TNI AD

M79-2

Walaupun termasuk senjata tua dengan rancangan yang terlihat jadoel, karir M79 nyatanya tak hilang terhantam waktu. M79 malah masih terus digunakan di berbagai medan pertempuran, ketersediaan amunisi yang mencukupi, penggunaan yang mudah, serta gampang dalam perawatannya, dipercaya membuat M79 masih sering digunakan oleh infanteri AS, termasuk pada Perang Irak dan Perang Afghanistan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Ilustrasi MiG-29K

MiG-29K Milik AL Rusia Jatuh Di Perairan Mediterania

0
HobbyMiliter.com - Sebuah pesawat tempur berjenis MiG-29K yang bertugas dari kapal induk milik Angkatan Laut Rusia, Admiral Kuznetsov, jatuh di perairan laut Mediterania. Pesawat tempur...

Recent Comments