Friday, April 19, 2024
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaGripen E Sukses Gunakan Network Centric Warfare

Gripen E Sukses Gunakan Network Centric Warfare

Gripen E Sukses Gunakan Network Centric Warfare – HobbyMiliter.com – Menggunakan lokasi di landasan pacu fasilitas produksi milik Saab Aeronautics di kota Linköping, Swedia, Kamis 15 Juni yang lalu menjadi peristiwa yang cukup bersejarah dalam keberadaan sosok pesawat tempur Gripen E.

Sebelumnya pada tanggal 8 Mei 2016 Gripen E sudah resmi diluncurkan (rollout) pada hanggar fasilitas produksi di Linköping. Dengan tingkat akurasi yang tinggi, diperlukan hampir setahun bagi Saab untuk melaksanakan berbagai macam uji coba dan penyempurnaan, sampai pada akhirnya Gripen E yang bernomer 39-8 resmi diluncurkan perdana pada tanggal 15 Juni 2017.

BACA JUGA :  Textron Airland Scorpion, Pesawat Tempur Berharga Murah Bagi Negara Kecil

gripen-1

Peristiwa penerbangan perdana Gripen E memiliki makna penting pada proses kemajuan Gripen, karena beberapa tahun yang lalu juga dilakukan rollout Gripen C pada landasan pacu yang sama di Linköping, mereka menunjukkan berbagai manuver aerobatik STOL (Short Take Off and Landing) dari Gripen C. Uji penerbangan perdana Gripen E pada 15 Juni yang lalu, dilakukan oleh Marcus Wandt, Saab Experimental Test Pilot.

Pada penerbangan di langit yang cukup cerah, Marcus Wandt menunggangi Gripen E selama 40 menit dengan melintasi Östergötland bagian timur. Pada sesi uji penerbangan perdana ini belum dilakukan maneuver-manuver yang ekstrim, pada tahap penerbangan pertama kali, pilot uji melakukan berbagai macam uji sistem avionik, termasuk pengujian performa landing gear.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

A-37 Dragonfly, Pesawat Perang Vietnam Spesialis COIN

A-37 Dragonfly, Pesawat Perang Vietnam Spesialis COIN

6
A-37 Dragonfly, Pesawat Perang Vietnam Spesialis COIN - HobbyMiliter.com. Tampilan fisik luar pesawat jaman perang Vietnam ini nyaris tidak berubah selama 40 tahun masa hidupnya....

Recent Comments