Thursday, December 1, 2022
HomeAlutsistaPesawat TempurMengenal FMA IA 58A Pucara, Pesawat COIN Dari Argentina

Mengenal FMA IA 58A Pucara, Pesawat COIN Dari Argentina

Tahun 1976 Pucara oleh FAA untuk pertama kalinya digunakan bertempur melawan gerilya komunis ERP yang bercokol di pedalaman Tucuman. Operasi ini terbilang sukses sehingga nilai ekspor Pucara mengalami peningkatan. Misalnya saja Uruguay sampai memesan Pucara dalam jumlah ratusan unit. Sejumlah negara seperti Maroko dan Venezuela ternyata lebih menyukai OV-10 Bronco dibanding Pucara sehingga penolakan mereka sempat menggoyahkan produksi Pucara.

Saat perang Falkland usai tak hanya Argentina, Colombia, dan Uruguay saja yang mengopersikan Pucara. Inggris yang berhasil menyita 11 unit Pucara ternyata membawa pulang enam pesawat-pesawat bekas musuhnya yang masih laik itu dan difungsikan sebagai pesawat pampasan perang. Beberapa di antaranya lalu masuk museum dan ada juga yang dimiliki secara pribadi serta masih sering diterbangkan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Isi Teks 8 Wajib TNI

Isi Teks 8 Wajib TNI

0
Delapan Wajib TNI1. Bersikap ramah tamah terhadap rakyat.2. Bersikap sopan santun terhadap rakyat.3. Menjunjung tinggi kehormatan wanita.4. Menjaga kehormatan diri di muka umum.5. Senantiasa...

Recent Comments