Thursday, June 30, 2022
HomeMiliterAnalisis MiliterModifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Helikopter ini secara khusus dibuat oleh pabrik Bell untuk Dinas Penerbangan AD Iran. Amerika juga memberikan fasilitas perawatan lengkap yang dibangun oleh Bell untuk AH-1J, Bell 204 dan Bell 212 di Iran. Iran mendapatkan 202 unit AH-1J pada dekade 1970-an. 62 diantaranya mampu membawa dan menembakan rudal anti tank TOW.

Akan tetapi, seiring perubahan peta politik ditandai dengan jatuhnya kekuasaan monarki di bawah pimpinan Shah Mohammad Reza Pahlevi yang digantikan pemerintahan Republik Islam yang dipimpin Ayatullah Agung Ruhollah Khomeini, hubungan Iran-AS pun putus. AS yang tidak setuju dengan sikap permusuhan yang dikumandangkan Khomeini kepadanya kemudian memberlakukan embargo militer termasuk menghentikan pasokan suku cadang AH-1J kepada Iran.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

Most Popular

Baca Juga

Foto Foto Rudal Buk-2E, Sistem Hanud Ampuh Buatan Russia

Foto Foto Rudal Buk-2E, Sistem Hanud Ampuh Buatan Russia

2
HobbyMiliter.com - Jika kita mengikuti berita tentang jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH-17 diatas wilayah Ukraina,tentu kita akan ingat bahwa beberapa saat lalu KNKT Belanda mengeluarkan...

Recent Comments