Sunday, September 18, 2022
HomeAlutsistaPesawat TempurSu-34 Fullback Fighter Bomber Rusia, Penembus Pertahanan Musuh

Su-34 Fullback Fighter Bomber Rusia, Penembus Pertahanan Musuh

Su-24 yang inferior dibandingkan kawanan penempur tersebut, diprediksi bakal mengalami kesulitan bila keburu terhadang dalam misinya. Benar saja, pada tanggal 24 November 2015 sebuah Sukhoi Su-24M milik Rusia di tembak jatuh oleh sepasang F-16 milik Angkatan Udara Turki di perbatasan Turki – Suriah.

Hidung Su-34 Fullback yang gepeng memberinya julukan Platypus
Hidung Su-34 Fullback yang gepeng memberinya julukan Platypus

Meski bentuknya tidak menyerupai Su-24, Su-34 Fullback tidak mengabaikan variabel-variabel performa yang dimiliki F-111 sebagai rival utama pembom Su-24. Tugas dominasi udara yang kala itu telah diembankan kepada Su-27, tidak menjadi penghalang bagi diciptakannya Su-34 agar bilamana pesawat ini suatu waktu harus bertemu kawanan teen series, ia masih bisa melakukan perlawanan sengit. Singkat kata, selain mengemban misi utama interdiksi dan bombardemen, Su-34 Fulback juga dipersiapkan untuk mampu duel di udara secara terbatas.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

16-jepang-pertimbangkan-sistem-thaad-as

Hadapi Ancaman Korut, Jepang Pertimbangkan Beli Sistem Pencegat Rudal Dari AS

0
Hobbymiliter.com - Jepang kemungkinan besar akan meningkatkan anggaran militernya sebagai bentuk reaksi dari ancaman Korea Utara yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Namun, beberapa pengamat...

Recent Comments