Thursday, April 25, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurSu-34 Fullback Fighter Bomber Rusia, Penembus Pertahanan Musuh

Su-34 Fullback Fighter Bomber Rusia, Penembus Pertahanan Musuh

Sementara persenjataan pertahanan diri meliputi kanon GSh-301 30 mm, delapan rudal udara ke udara R-73 (AA-11 Archer) WVR and enam rudal R-27 (AA-10 Alamo), dan R-77 (AA-12 Adder) yang saat ini menjadi persenjataan andalan Su-27/30. Oleh karena itu, seperti disinggung di awal, Su-34 dapat diberi tugas ganda sebagai pengebom maupun sebagai pertahanan udara secara terbatas.

Sequence Bombing Run Su-34 Fullback
Sequence Bombing Run Su-34 Fullback. Su-34 menjatuhkan bomb cluster.

Lebih menguntungkan lagi, Su-34 juga bisa digunakan sebagai pesawat reconnaissance mengingat pesawat ini juga dapat dilengkapi pod M400 yang dilengkapi Raduga multi-band IR imaging system, kamera panoramik AP-403 dan AP-404, maupun modul pilihan radar M402 Pika SLAR dan AK-108FM oblique camera. Berikutnya Su-34 juga dikembangkan dalam varian jammer seperti EF-111A maupun EF-18G Growler untuk melakukan peperangan elektronik pada jaringan pertahanan lawan.

BACA JUGA :  Norinco Akan Tampilkan Tank VT-5 Di Zhuhai Airshow
Sequence Bombing Run Su-34 Fullback
Sequence Bombing Run Su-34 Fullback. Bomb Cluster pecah diudara dan menyebarkan submunition diatas sasaran yang berupa simulasi pangkalan udara.

Soal mesin, AL-41F sudah menggantikan mesin AL-35F yang digunakan pada unit demonstrator. Su-34 juga dilengkapi dengan aerial refueling probe untuk mengisi tangki internal beserta tiga drop tank-nya, serta dapat juga dilengkapi Sakhalin UPAZ-1A aerial refueling pod yang memungkinkan pesawat ini melakukan tugas sebagai buddy tanker. Kalau terbang dengan dilengkapi tiga droptank yang masing-masing berkapasitas 3.000 liter, maka membuat Su-34 dapat menyamai radius aksi F-111.

Sensor utama Su-34 meliputi Leninets B-004 multimode phased array radar. Salah fungsinya diklaim dapat menjangkau target besar dalam jarak 200-250 km (108 hingga 135 NMI) serta kemampuan ground mapping hingga 150 km (81 NMI).

BACA JUGA :  Panduan Tactical Style Untuk Kegiatan Sehari Hari
Sukhoi Su-34 Fullback, pesawat yang ganteng dari lahir.
Sukhoi Su-34 Fullback, pesawat yang ganteng dari lahir. Anda setuju?

Kehadiran Su-34 semakin memperkaya alutsista udara, khususnya AU Rusia sejak 2007. Pesawat ini memiliki keunggulan lebih banyak untuk tugas penetrasi ke pertahanan dibanding varian Su-30MK/MKI/MK2/MKK. AU Rusia mencanangkan, sebanyak 124 unit pesawat ini akan mengisi jajaran dinas militernya hingga tahun 2020. Di luar itu AU Rusia masih akan menggunakan Su-24 Fencer yang di-upgrade.

Apakah Indonesia tertarik dengan pesawat ini? Siapa tahu.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Beserta Penyebab Dan Solusi

Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Beserta Penyebab Dan Solusi

0
Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Beserta Penyebab Dan Solusi - HobbyMiliter.com - Sebagai warga negara Indonesia, ada beberapa kewajiban yang mesti dipenuhi, namun...

Recent Comments