Wednesday, February 1, 2023
HomeAlutsistaPesawat TerbangMengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Keuntungan lainnya adalah kemungkinan deteksi yang lebih besar pada pesawat tempur yang didesain memiliki RCS kecil (stealth) karena sisi atas pesawat tempur stealth biasanya masih ada control surface yang memiliki RCS lebih besar dari pada sisi bawah.

Indonesia merupakan salah satu negara yang saat ini tengah menjajaki pembelian pesawat AEW&C. Di samping itu Indonesia juga berencana membeli jet tanker untuk memenuhi kebutuhan kekuatan pokok minimum.

AWACS atau AEW&C?

Tak sedikit awam atau bahkan media yang bingung memilih istilah mana yang dipakai: AEW&C atau AWACS? Sejatinya, kedua istilah itu sama saja artinya. Terminologi AEW&C (Airborne Early Warning and Control) mulai muncul tahun 1970-an, sebagai kelanjutan atau peningkatan kapabilitas dari fungsi AEW (Airborne Early Warning) generasi awal yang muncul mulai dari dekade 1950-an.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

79-hamas-bersiap-lawan-agresi-israel

Hamas Bersiap Untuk Berperang Melawan Agresi Israel

0
Hobbymiliter.com - Pemimpin tinggi Hamas, Ismail Haniyeh telah mengumumkan kesediaan pasukan resistensi Palestina untuk mencegat setiap tindakan agresi baru yang dilancarkan oleh rezim Israel di...

Recent Comments