Friday, September 25, 2020
Home Berita Militer Dunia Militer Rusia Angkatan Bersenjata Rusia Mulai Operasikan Ranpur Argus

Angkatan Bersenjata Rusia Mulai Operasikan Ranpur Argus

Angkatan Bersenjata Rusia Mulai Operasikan Ranpur Argus – HobbyMiliter.com – Sebuah kendaraan tempur baru diperkenalkan dalam layanan operasional Angkatan Bersenjata Rusia. Kendaraan tempur yang diberi nama Argus tersebut merupakan sebuah kendaraan tempur dari jenis pengarah tembakan artileri atau artillery fire director.

Disebut dengan designasi PRP-4A Argus, kendaraan tempur ini sanggup mendeteksi dan mengidentifikasi ancaman dari target seukuran tank tempur dari jarak 12 kilometer jauhnya. Kabar yang beredar, kendaraan tempur tersebut telah mulai diawaki oleh prajurit – prajurit dari Distrik Militer Pusat dan Distrik Militer Selatan dari Angkatan Darat Rusia.

BACA JUGA :  Tiongkok Berencana Jalankan Misi Ke Mars Tahun 2020

Kendaraan tempur pengarah tembakan artileri tersebut mengambil basis dari platform kendaraan tempur roda rantai BMP-1. Dengan bobot 13,8 ton, kendaraan tempur PRP-4A Argus dioperasikan oleh 4 orang kru atau pengawak.

Komposisi kru atau pengawak kendaraan tempur Argus ini yakni 1 orang sebagai driver atau pengemudi, 1 orang sebagai surveyor topografis, 1 orang sebagai operator sistem radar, serta 1 orang komandan ranpur.

Kendaraan tempur pengarah tembakan artileri ini dapat mendeteksi target bergerak seukuran tank tempur dari jarak 7 hingga 12 kilometer jauhnya dengan menggunakan sistem radar yang dibawanya.

BACA JUGA :  Peresmian Destroyer USS Rafael Peralta, 31 Oktober 2015

Platform PRP-4A ini mengusung perangkat radar station, periscopic laser rangefinder, range-gated imaging system, serta perangkat range-finding thermal imager. Selain mampu mendeteksi target bergerak (moving target), platform ranpur pengarah tembakan artileri ini juga sanggup mendeteksi keberadaan bangunan atau gedung – gedung yang dapat dijadikan sasaran tembak artileri dari jarak 25 kilometer jauhnya.

Sementara itu, perangkat periscopic laser rangefinder yang terpasang pada ranpur ini juga dapat mendeteksi hingga 3 jenis target tank yang berbeda dari jarak 10 kilometer jauhnya.

Platform kendaraan tempur Argus ini memiliki tingkat kemungkinan kesalahan atau biasa disebut Circular Error Probability (CEP) sebesar 20 meter saja jika pembidikan menggunakan perangkat elektro-optikal.

BACA JUGA :  Mengapa Pesawat Siluman Tidak Terdeteksi Radar?

Sedangkan jika menggunakan radar, tingkat CEP nya sebesar 40 meter. Untuk soal kesiapan penggelaran, kendaraan tempur ini dapat disiapkan untuk di deploy hanya dalam waktu 2 menit saja.

Sebagai sebuah kendaraan tempur yang lebih banyak bertugas membantu unit – unit artileri, PRP-4A Argus hanya dilengkapi dengan sepucuk senapan mesin ringan PKTM kaliber 7,62 milimeter dan 4 unit peluncur granat asap sebagai persenjataan pertahanan diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua