Wednesday, April 24, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurFoto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Foto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Kumpulan rongsokan pesawat di kuburan pesawat tempur Rusia
Kumpulan rongsokan pesawat di kuburan pesawat tempur Rusia

Mengapa ditinggal begitu saja? Apakah tidak mungkin diperbaiki? Mungkin karena memang pada saat 2009, militer Rusia benar benar sedang defisit sehingga tidak ada budget untuk memperbaiki. Yang kedua mungkin juga karena doktrin AU Soviet yang ketika pesawat pesawat ini dirancang dan dibuat masih menguasai Rusia.

Eks Pesawat Tempur AU Rusia
Eks Pesawat Tempur AU Rusia

Doktrin yang dimaksud adalah doktrin membuat pesawat yang jika rusak berat, lebih mudah untuk menscrap dan membangun yang baru di pabrik dibandingkan dengan memperbaikinya. Tampak tulisan 1963 di bangunan dibelakang rongsokan pesawat ini. Mungkin menandakan tahun bangunan bata tersebut dibuat.

BACA JUGA :  Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M
Pesawat tempur rongsok
Pesawat tempur rongsok

Dibagian lain dari pangkalan udara ini juga masih tersimpan beberapa pesawat tempur yang sudah tidak bisa digunakan kembali. Rata rata sudah dipreteli mesin dan avioniknya. Kuburan pesawat tempur Rusia ini setidaknya memiliki 18 pesawat rongsok.

Engineless airframe
Engineless airframe

Tampaknya, nasib akhir dari pesawat pesawat ini adalah di scrap menjadi logam daur ulang. Tampak dari foto ini mesin pesawat sudah dilepas dari airframe. Kalau di Indonesia, pesawat tempur yang sudah tidak digunakan kembali rata rata menjadi monumen, seperti A-4 Skyhawk dan MiG-17 yang banyak menjadi monumen di berbagai tempat.

BACA JUGA :  India dan Rusia Akan Teken Kontrak Pembelian Rudal SAM S-400 Triumf

Rusia sendiri, dalam periode sulitnya, pernah banyak menutup pangkalan militer, baik milik AU, AD, AL maupun angkatan pertahanan antariksa (Aerospace Defence Force). Dan didalam pangkalan pangkalan yang telah ditutup tersebut seringkali ditinggalkan begitu saja dan dijaga dengan keamanan minimum. Nantikan foto foto lain dari pangkalan pangkalan semacam itu dan dengan hal hal lain yang menarik di HobbyMiliter.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan

Sejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan

0
Sejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan - HobbyMiliter.com - Tahukah Kamu, selepas Indonesia merdeka masih saja para penjajah mencoba untuk menghancurkan kemerdekaan?...

Recent Comments