Friday, April 12, 2024
HomeMiliterAlutsistaArsip Foto Foto Latihan Gabungan TNI/ABRI 1969 di Cirebon

Arsip Foto Foto Latihan Gabungan TNI/ABRI 1969 di Cirebon

Foto latihan gabungan TNI 1969: Penerbad
Foto latihan gabungan TNI 1969: Penerbad

Kekuatan mobil udara disediakan Penerbad dengan helikopter Mil Mi-4 Hound buatan Soviet. Heli ini mampu membawa 10-14 orang pasukan.

Foto latihan gabungan TNI 1969: Penerbad
Foto latihan gabungan TNI 1969: Penerbad

Baik ADRI, AURI maupun ALRI pernah mengoperasikan heli Mil Mi-4 Hound buatan Soviet ini. Heli ini cukup unik karena posisi kabin pilot yang nangkring diatas kabin penumpang.

Foto latihan gabungan TNI 1969: Penerbad
Penerbad

Selain itu Penerbad juga membawa helikopter Allouette III buatan Perancis.

Foto latihan gabungan TNI 1969: ATGM
ATGM ENTAC

Ternyata, TNI AD pernah punya 500 unit rudal anti tank ENTAC. Rudal buatan Perancis ini mampu membabat kendaraan lapis baja hingga jarak 2 Km. Ketika diluncurkan, operator “menyetir” rudal secara manual via joystick. Yang kemudian diteruskan ke rudal yang sedang terbang ke sasaran dengan melalui seutas kabel, mirip operasi rudal TOW.

BACA JUGA :  PT DI Akan Ekspor Pesawat NC-212i, CN-235 Ke Senegal Dan Kongo
Foto latihan gabungan TNI 1969: Bomber B-26 Invander TNI
Bomber B-26 Invander TNI

Pilot TNI AU menerbangkan pesawat pengebom B-26 Invander. Bomber yang dibeli dari amerika awal 60-an ini dioperasikan oleh Skadron Udara 1.

Foto latihan gabungan TNI 1969: Bomber B-26 Invander TNI
Bomber B-26 Invander TNI

B-26 Invander ini konon dibeli pemerintah setelah AURI kagum kepada performa B-26 yang digunakan Alan Pope dan PERMESTA dalam melakukan pengeboman terhadap aset aset RI, salah satunya KRI Hang Tuah dan Tangker Inggris yang di bom hingga tenggelam oleh PERMESTA.

Foto latihan gabungan TNI 1969: P-51 Mustang
P-51 Mustang

Selain itu juga menerbangkan P-51 Mustang. Terlihat dalam foto ini, salah satu P-51 Mustang ber nomer F-356 dengan marking khusus “ORDE BARU” di airframe-nya, crash landing dan terbalik di pangkalan udara Penggung, Cirebon. Kejadian ini terjadi pada tanggal 6 November 1969. Tercatat pilot selamat.

BACA JUGA :  Perang Proksi Ancam indonesia
Foto latihan gabungan TNI 1969: Ada yang mengenali alutsista ini?
Ada yang mengenali alutsista ini?

Ada juga beberapa alutsista yang penulis tidak kenali, beraksi dalam latihan gabungan ini. Contohnya roket ini. Sekilas tampak seperti roket SAM SA-2 Guideline/S75 Dvina yang memperkuat TNI AU.

Tetapi bukan, ini bukan S75 Dvina. Jika diperhatikan dengan seksama, sangat banyak perbedaan diantaranya. Apakah pembaca bisa membantu mengidentifikasi alutsista ini?

Bisa jadi ini adalah roket darat ke darat eksperimental yang dikembangkan oleh militer. mengingat di masa ini cukup banyak pengembangan roket ilmiah juga, diantaranya roket KARTIKA dan roket AHMAD YANI.

BACA JUGA :  Foto Foto Reruntuhan Kompleks Militer Rusia : Baterai Anti Kapal Selam Rusia
Foto latihan gabungan TNI 1969: Ada yang mengenali alutsista ini?
Ada yang mengenali alutsista ini?

Selain itu juga roket ini. Sekilas seperti ATGM dengan rail launcher berada diatas dan rudalnya digantung dibawah railnya. Namun penulis belum memiliki referensi mengenai ATGM apapun yang bentuknya persis seperti roket di foto ini.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1512

Video Detik Detik Jatuhnya Pesawat Tempur KAI T-50i di Yogyakarta

0
HobbyMiliter.com - Indonesia kembali berduka. Ditengah upaya zero accident yang dilakukan TNI AU, pada hari Minggu 20 Desember 2015 sebuah pesawat tempur KAI T-50i...

Recent Comments