Wednesday, April 17, 2024
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Agus Supriatna, KSAU Ke 20 TNI AU Periode 2015 - 2017

Biografi Agus Supriatna, KSAU Ke 20 TNI AU Periode 2015 – 2017

Hasilnya bisa diduga, Elang Biru tampil sangat memukau di hadapan Presiden Soeharto beserta jajaran menteri Kabinet Pembangunan IV, Panglima ABRI Jenderal TNI Feisal Tanjung, dan Menhankam Jenderal (Purn) Edi Sudrajat.

Tahun berikutnya, Elang Biru tampil lagi pada HUT Emas TNI AU, 9 April 1996, sekaligus pemanasan sebelum tampil di perhelatan dunia, Indonesia Air Show, Juni 1996. Di tahun itu, F-16 Elang Biru telah berubah warna dari kelir loreng menjadi biru-kuning yang sangat mencolok. Di IAS 1996 Elang Biru menampilkan 16 manuver aerobatik dan mendapat peliputan yang besar hingga ke mancanegara.

BACA JUGA :  Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M

Mendapat Tugas Sebagai Lead Solo

Agus Supriatna melakukan duet aerobatik dengan Opposing Solo yakni M. Syaugi. Dua manuver yang sangat bikin decak kagum dan mendebarkan adalah Calypso dan Cross Over Break. Pada saat Calypso, Agus menerbangkan F-16 dengan posisi terbalik, sementara Syaugi yang terbang di bawahnya menempel pesawat Agus sehingga kedua pesawat tampak seperti dalam sebuah cermin.

Sedangkan pada Cross Over Break, kedua penerbang mempertontonkan dua F-16 yang terbang bersilangan dalam kecepatan tinggi 765 km/jam sehingga tampak seperti akan bertabrakan.

BACA JUGA :  Sukhoi Su-27SKM TS-2703 di Tarakan
Agus Supriatna, Salah satu dari penerbang Tim Aerobatic Elang Biru TNI AU
Agus Supriatna, Salah satu dari penerbang Tim Aerobatic Elang Biru TNI AU

Usai bergabung dengan tim Elang Biru, Agus Supriatna melanjutkan pendidikan di Seskoau dan setelah lulus dipercaya menjabat Komandan Skadik 102 untuk melatih para penerbang TNI AU (1998). Setelah itu ia menjadi Atase Pertahanan RI di Singapura (2003) selama tiga tahun dan kembali ke Indonesia sebagai Paban Utama B-3 Direktorat “B” Badan Intelijen Strategis TNI (2006).

Jenjang karier berikutnya ia menjadi Komandan Lanud Sultan Hasanuddin (2010), Kepala Staf Koopsau I (2011), Pangkoopsau II (2012), Wakil Irjen TNI dan Kasum TNI (2014) serta terakhir adalah KSAU.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

LG-1 Marinir

Foto Latihan Penembakan Meriam LG-1 105mm Marinir

0
HobbyMiliter.com - Prajurit Marinir TNI AL sedang berlatih menembakkan meriam howitzer artileri medan Nexter LG-1 Mk.II kaliber 105mm.

Recent Comments