Sunday, October 2, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Biografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Perlawanan Pangeran Diponegoro ini dilakukan secara terbuka hingga mendapat dukungan serta simpati rakyat. Kemudian beliau menyingkir dari Tegalrejo serta membangun markas di Gua Selarong atas saran dari pamannya yaitu GPH Mangkubumi.

Pangeran Diponegoro menyebutkan perlawanan yang dilakukannya tersebut sebagai perang sabil yaitu perang melawan kaum kafir yang kemudian meluas hingga ke wilayah Pacitan dan Kedu. Medan pertempuran dari Perang Diponegoro itu sendiri meliputi Yogyakarta, Kedu, Surakarta, Bagelen, hingga beberapa daerah seperti Wonosobo, Banyumas, Weleri, Tegal, Pekalongan, Demak, Semarang, Purwodadi, Kudus, Magelang, Pacitan, Kediri, Parakan, Tuban, Brojonegoro serta Surabaya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ScreenShot269

Foto Foto Latihan Penembakan Meriam S-60

0
HobbyMiliter.com - Meriam S-60 merupakan salah satu meriam andalan satuan artileri pertahanan udara TNI AD. Meriam berkaliber 57mm ini merupakan meriam buatan blok Timur....

Recent Comments