Saturday, October 1, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Biografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

Soewardi menulis Een voor Allen maar Ook Allen voor Een yang diartikan Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu juga dan Als ik een Nederlander was yang diartikan Seandainya Aku Seorang Belanda yang dimuat dalam surat kabar De Express pimpinan Douwes Dekker pada tanggal 13 Juli 1913.

Tulisan tersebut menyinggung kalangan pejabat Hindia Belanda yang kemudian memerintahkan penangkapan Soewardi. Atas persetujuan Gubernur Jenderal Idenburg, Soewardi kemudian ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka atas permintaan Soewardi sendiri. Kedua rekannya, Douwes Dekker dan Cipto Mangunkusumo memprotes kebijakan tersebut hingga mengakibatkan mereka bertiga akhirnya diasingkan ke Belanda di tahun 1913.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Dansatgas Yonif Linud 503 Mayangkara Letkol Inf Freddino Janen Silalahi menghadiri kegiatan penghijauan atau penanaman 1000 pohon bersama dengan rombongan Bapak Bupati TTU, Komandan Pos Oepoli Sungai Lettu Inf Wahyu, Komandan Pos Manusasi Lettu Inf Dimas, Komandan pos Oepoli Pantai Lettu Inf Swuari, Komandan Pos Aplal Sertu Sopan Sopyan, Ketua Komisi BTTU Drs

Penanaman 1000 pohon Yonif Linud 503 Mayangkara

0
HobbyMiliter.com - Dansatgas Yonif Linud 503 Mayangkara Letkol Inf Freddino Janen Silalahi menghadiri kegiatan penghijauan atau penanaman 1000 pohon bersama dengan rombongan Bapak Bupati...

Recent Comments