Saturday, April 27, 2024
HomeBlog MiliterFoto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu

Walaupun terbuat dari kayu, kapal cepat rudal kelas Komar ini mempunyai senjata yang mematikan, sepasang rudal anti kapal Styx. Di masa itu, hanya kapal ini yang memiliki senjata rudal. Sedangkan kapal kapal lainnya di armada ALRI masih bersenjata meriam saja.

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - Kapal Selam Kelas Whiskey
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – Kapal Selam Kelas Whiskey

Dalam latihan perang laut ini, turut serta kapal selam kelas Whiskey. Kapal selam ini merupakan kapal selam diesel elektrik operasional pertama ALRI. Pemerintah Indonesia membeli 12 unit kapal selam jenis ini yang di Indonesia dinamakan sebagai kapal selam kelas Tjakra. Tampak diatas kapal selam kelas Whiskey ini, sebuah helikopter Penerbal dari jenis Mil Mi-4 sedang melakukan peran Anti Kapal Selam.

BACA JUGA :  Prinsip Demokrasi Pancasila di Negara Indonesia
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - Fregat Kelas Riga dan Kapal Selam Kelas Whiskey
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – Fregat Kelas Riga dan Kapal Selam Kelas Whiskey

2 buah KCR kelas Komar sedang melintas di depan haluan fregat kelas Riga. Pemerintah Indonesia membeli 8 unit kapal jenis ini. Kapal ini di lingkungan ALRI dikenal sebagai kapal perang kelas Jos Sudarso. Kapal ini dilengkapi dengan 3 unit meriam 100mm, 2 unit meriam 37mm 2 laras, 2 unit meriam 25mm 2 laras dan 2 peluncur roket anti kapal selam RBU 600.

Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu - Fregat Kelas Riga KRI Lambung Mangkurat 357
Foto Foto Langka Gelar Kekuatan Kapal Perang ALRI Jaman Dulu – Fregat Kelas Riga KRI Lambung Mangkurat 357

Tampak Fregat kelas Riga bernama KRI Lambung Mangkurat 357 sedang melakukan manuver. Untuk melakukan operasi anti kapal selam, kapal fregat kelas Riga ini dibekali oleh sebuah peluncur torpedo 2 tabung. Di Indonesia, kapal perang terakhir dari kelas Riga ini pensiun pada tahun 1986. Tahun dimana kapal kapal perang jenis fregat kelas Ahmad Yani (Van Speijk) mulai masuk ke dalam armada TNI AL.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

First Steel Cutting LPD 124 Meter Untuk TNI AL.

First Steel Cutting LPD 124 Meter Untuk TNI AL

0
HobbyMiliter.com - First Steel Cutting LPD 124 Meter Untuk TNI AL. PT. PAL Indonesia (Persero), sebuah perusahaan galangan kapal dalam negeri milik pemerintah Indonesia, kembali mendapat...

Recent Comments