Monday, July 15, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangSeri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura

Untuk menghadang sasaran berupa kapal perang yang berada di permukaan air, Formidable dipersenjatai dengan 8 unit rudal anti kapal RGM-84C Harpoon yang diletakkan pada bagian tengah badan kapal. Meski hanya dipasangi 8 unit rudal, bukan berarti hanya 8 unit rudal saja yang bisa dibawa oleh satu kapal kelas Formidable. Setiap unit kapal di kelas Formidable didesain untuk mampu membawa dan meluncurkan tidak kurang dari 24 rudal Harpoon jika memang dibutuhkan atau dalam kondisi darurat.

Bagi penulis, kemampuan inilah yang menjadikan Formidable begitu istimewa dibandingkan dengan kapal – kapal lain yang akan dibahas pada artikel berikutnya dari seri kapal perang utama di ASEAN ini. Rudal Harpoon sendiri memiliki jarak jangkau maksimal hingga 130 kilometer.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Rudal Aster Berhasil Ditembakkan Dari RSS Steadfast (70).
Sumber : RSN

Untuk menghadang bahaya yang datang dari udara, kapal – kapal di kelas Formidable diperlengkapi dengan sistem peluncur rudal vertikal atau Vertical Launch System yang terdiri dari 16 cell peluncur rudal Sylver A50 untuk menampung 16 unit rudal anti serangan udara MBDA Aster 15/30, serta 16 cell peluncur rudal Sylver A43 untuk menampung 16 unit rudal anti serangan udara MBDA Aster 15. Rudal anti serangan udara Aster 15 mampu mencegat sasaran berupa pesawat tempur, helikopter, maupun rudal jelajah yang berada pada 30 kilometer jauhnya dari titik peluncuran (Kapal kelas Formidable,red).

BACA JUGA :  Norinco Akan Tampilkan Tank VT-5 Di Zhuhai Airshow

Sementara rudal anti serangan udara Aster 30 mampu mencegat sasaran berupa pesawat tempur, helikopter, maupun rudal jelajah yang berada pada 120 kilometer jauhnya dari kapal yang meluncurkannya (Formidable,red). Jadi, satu unit kapal kelas Formidable mampu membawa dan meluncurkan tidak kurang dari 32 rudal anti serangan udara untuk melindungi dirinya dari ancaman bahaya yang datang dari udara.

Untuk melindungi diri dan sekaligus menangkal ancaman bahaya yang datang dari bawah permukaan air, kapal perang dari jenis Frigate ini dipersenjatai dengan 6 unit tabung peluncur torpedo B515 dengan konfigurasi dua sistem peluncur yang masing-masing berisi tiga tabung, diletakkan pada sisi samping kanan dan kiri kapal. Tabung-tabung ini dapat menembakkan torpedo EuroTorp A244/S Mod 3 untuk menghalau sasaran berupa kapal selam ataupun kapal perang permukaan milik lawan.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Thales Herakles, Multi Function PESA Radar Yang Digunakan Di Kapal Perang Jenis Frigate Kelas Formidable Milik AL Singapura.
Sumber : flickr

Sistem Sensor Deteksi Frigate Kelas Formidable

Kapal perang jenis Frigate kelas Formidable ini diperlengkapi dengan sederet sistem sensor deteksi untuk membantu para pengawaknya mendeteksi keberadaan ancaman potensial disekitar mereka. Untuk mendeteksi sasaran yang berada diatas permukaan air dan juga yang sedang terbang di udara, kapal ini diperlengkapi dengan perangkat radar multi-fungsi jenis Passive Electronically Scanned Array (PESA) radar Thales Herakles. Radar ini mampu melakukan deteksi terhadap ancaman potensial yang berada hingga 250 kilometer jauhnya dari kapal.

BACA JUGA :  Isi Teks Sapta Marga TNI

Perangkat sistem radar besutan Thales ini mampu memberikan informasi tiga dimensi atas target yang terdeteksi oleh sistem radar tersebut. Khusus untuk sasaran atau target yang berada di udara, radar ini telah terintegrasi dengan sistem senjata pertahanan udara atau sista hanud berbasis rudal anti serangan udara MBDA Aster. Integrasi ini memungkinkan radar memberi informasi atas target secara real-time kepada pengawak sista hanud tersebut agar dapat lebih cepat merespon saat terjadi eskalasi atau saat timbul ancaman dari unsur kekuatan udara lawan.

Sebagai radar kendali penembakan sistem senjata meriam utama kaliber 76 milimeter, dipasangkan perangkat Thales STING EO Mk2 Fire Control Radar. Urusan navigasi kapal dipercayakan kepada perangkat radar navigasi Terma Electronic Scanter 2001 Navigation Radar. Kemudian, selain mampu mendeteksi dan menghadapi ancaman bahaya dari atas permukaan air dan udara, kapal ini juga dilengkapi dengan perangkat sonar untuk mendeteksi dan membantu para pengawaknya menghadapi potensi ancaman dari lawan yang berada dibawah permukaan air. Adalah perangkat sonar EDO Model 980 Active Low Frequency Towed Sonar atau disingkat ALOFTS.

BACA JUGA :  Latihan Militer CARAT 2019 Dimulai, Kapal-Kapal Militer AS Berdatangan Ke Pulau Jawa
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Tampilan 4 Sisi Kapal Perang Jenis Frigate Kelas Formidable Milik AL Singapura.
Sumber : navyrecognition

Spesifikasi Teknis Frigate Kelas Formidable

Berikut kami lampirkan cuplikan spesifikasi teknis kapal perang jenis Frigate kelas Formidable. Spesifikasi teknis ini bersifat umum dan dapat juga anda peroleh melalui situs lain yang membahas soal kapal perang ini di internet.

Dimensi

Panjang Total              : 114,8 meter
Lebar Total                  : 16,3 meter
Draught                       : 6 meter

Mesin dan Kelistrikan

Sistem Propulsi           : Combined Diesel and Diesel (CODAD)
Jumlah / Tipe Mesin    : 4 x MTU 20V 8000 M90 (Masing-masing mampu memberi daya hingga 12.200 shp)
Total Daya Keluaran   : 48.800 shp
Jumlah / Tipe Generator : 4 x ISM V1708 Diesel Generator (Masing-masing mampu menghasilkan daya hingga 860 kilowatt)
Total Daya Listrik Keluaran : 3.440 kilowatt

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F16 1

Lockheed Martin Tunjukkan Simulator Kokpit F-16 Viper Pada Indonesia

1
HobbyMiliter.com – Lockheed Martin Tunjukkan Simulator Kokpit F-16 Viper Pada Indonesia. Walaupun tukar rupiah masih ditekan oleh dollar AS, tapi tidak mengendurkan industry alutsista...

Recent Comments