Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

0
295
Lay Out Lunik 2 On CIA Document
Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet. Gambar Tata Letak / Lay Out Tingkat Terakhir Roket Pembawa Wahana Antariksa Lunik 2.
Sumber : Dokumen CIA

Data Penting Yang Berhasil Diperoleh AS

Secara umum, ada beberapa data penting yang dapat diperoleh AS dari suksesnya operasi Penculikan Lunik 2. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Fasilitas perakitan dan produksi utama wahana Lunik 2
  2. Fakta bahwa Lunik 2 yang dipinjam AS adalah unit ke-5 yang dibuat Uni Soviet
  3. Identifikasi 3 pabrikan penyuplai komponen kelistrikan / elektrikal bagi wahana Lunik 2
  4. Penjelasan terhadap sistem penomoran komponen yang digunakan dalam wahana – wahana antariksa buatan Uni Soviet
  5. Kemungkinan adanya penggunaan sistem penomoran komponen yang sama pada program wahana antariksa buatan Uni Soviet yang lain (Tidak hanya pada wahana-wahana Programme Lunik)
BACA JUGA :  Kontrak Pembelian Jet Tempur Sukhoi SU35 Flanker E Resmi Ditandatangani

Penutup

Keberhasilan operasi Lunik ini tidak lepas dari koordinasi yang baik antara unit khusus dan unit lapangan yang dilibatkan dalam operasi ini. Juga tidak terlepas dari minimnya pengamanan saat perjalanan pemindahan barang yang dilakukan oleh Soviet saat itu sehingga menimbulkan celah bagi intelijen AS untuk bisa masuk dan meminjam wahana antariksa buatan Soviet tanpa adanya ijin dari pemerintah Uni Soviet. Selain itu yang bisa kita petik dari suksesnya operasi ini adalah kemampuan intelijen AS yang begitu kuat dari sisi jaringan intelijen yang tersebar di seluruh dunia, koordinasi antara tim khusus yang digerakkan dari kantor pusat di AS dengan tim lapangan yang bertugas di area kerja tempat tim khusus tersebut ditugaskan, sehingga dapat merencanakan, dan melaksanakan misi yang tingkat kesulitannya sangat tinggi, dengan baik dan memperoleh hasil yang baik pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here