Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

0
291
Replika Penanda Uni Soviet Yang Dipasang Pada Lunik 2 Diberikan Ut AS
Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet. Replika Tanda Kebesaran Uni Soviet Yang Dipasang Pada Wahana Lunik 2 Yang Berhasil Mendarat Di Bulan. Replika Ini Secara Khusus Diberikan Oleh Nikita Khrushchev Selaku Pemimpin Uni Soviet Kepada Presiden AS Dwight D. Eisenhower Pada Kunjungannya Ke Amerika Serikat Pada Bulan September Tahun 1959.
Sumber : wikipedia

Unit khusus identifikasi marka dari CIA tiba di lokasi pukul 07.30 malam waktu setempat, dan unit tersebut keluar dari lokasi pada pukul 04.00 pagi waktu setempat. Total hanya dibutuhkan waktu 8 jam 30 menit untuk melaksanakan proses pengumpulan data pada perangkat tersebut. Pukul 05.00 pagi, truk pembawa wahana tersebut keluar dari bengkel pembongkaran mesin menuju ke titik pertukaran pengemudi yang telah disepakati. Setibanya di lokasi pertukaran pengemudi, pengemudi ditukar dan pengemudi asli yang awalnya ditugaskan membawa truk tersebut ke stasiun kereta api pun kembali melaksanakan tugasnya seolah tidak terjadi apa-apa.

BACA JUGA :  Frigate Kelas NiterĂ³i AL Brazil Terima Upgrade Sistem Senjata

Petugas jaga Soviet yang datang ke stasiun pada pukul 07.00 pagi itu mendapati truk pembawa Lunik 2 telah menunggu untuk diperiksa. Tanpa ada kecurigaan, ia memeriksa kondisi krat pembungkus, lalu memerintahkan untuk barang tersebut segera di naikkan keatas rangkaian kereta barang. Karena barang terakhir yakni wahana Lunik 2 sudah diatas kereta, maka kereta api itu pun berangkat menuju destinasi pameran berikutnya.

Hingga saat ini, Uni Soviet tidak pernah mengetahui bahwa wahana Lunik 2 milik mereka ternyata pernah di pinjam tanpa ijin dan tanpa sepengetahuan mereka, oleh AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here