Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterReferensi21 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

21 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

21 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli – HobbyMiliter.comDemokrasi sudah dikenal sejak abad ke-5 sebelum masehi, hingga kini sudah banyak pengertian demokrasi menurut para ahli. Namun istilah demokrasi itu sendiri pertama kali diperkenalkan di Athena Yunani. 

Pengertian Demokrasi

Asal kata demokrasi adalah dari kata demos yang berarti rakyat dan kratos atau cratein yang berarti pemerintahan. Hingga dapat bisa disimpulkan bahwa pengertian demokrasi adalah pemerintahan rakyat atau pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Walau begitu Plato dan Aristoteles mengemukakan dalam demokrasi ada potensi terjadi kekerasan atau anarki. Alasan itulah yang membuat mereka menganggap demokrasi bukan sistem pemerintahan terbaik. Bahkan Plato menyatakan monarki sebagai bentuk sistem pemerintahan terbaik, karena perintah dalam negara tersebut sepenuhnya diberikan raja dimana kekuasaannya diabdikan demi kepentingan rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Banyak ahli berusaha mengartikan istilah demokrasi, hingga tidak sedikit arti istilah demokrasi yang berbeda-beda bermunculan. Berikut berbagai pengertian demokrasi menurut para ahli.

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI

Ada dua arti demokrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu:

  • Bentuk atau sistem pemerintahan dimana segenap rakyat ikut berperan serta dalam memerintah yakni lewat perantara wakil terpilih mereka.
  • Gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan perlakuan yang sama buat seluruh warga negaranya serta persamaan hak dan kewajiban para warga negaranya.
BACA JUGA :  Berbagai Pengertian HAM Hingga Contoh Pelanggarannya

Meriam, Webster Dictionary

Menurut Webster Dictionary, demokrasi bisa diartikan dalam dua pengertian, yaitu:

  • Pemerintahan oleh rakyat, yang diutamakan adalah kedaulatan mayoritas.
  • Pemerintahan dengan kekuasaan tertinggi di tangan rakyat, hingga pelaksanaan pemerintahan secara langsung maupun tidak langsung dilakukan rakyat lewat sistem perwakilan yang dipilih berdasar pemilihan umum berkala.

International Commission of Journalist

Bentuk sistem pemerintahan dimana semua warga negaranya punya hak ikut serta membuat keputusan politik lewat wakil rakyat yang mereka pilih serta bertanggung jawab pada mereka lewat pemilihan yang bebas.

Abraham Lincoln

Pengertian demokrasi menurut para ahli seperti Abraham Lincoln adalah sebagai sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, serta untuk rakyat, dengan begitu kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan dipegang oleh rakyat dimana mereka punya hak dalam memperoleh kesempatan serta hak bersuara yang sama di dalam upaya mengatur kebijakan pemerintahan. Dalam sistem pemerintahan demokrasi, setiap keputusan dalam pemerintahan diambil berdasarkan hasil suara terbanyak.

John L. Esposito

Pengertian demokrasi menurut para ahli seperti John L. Esposito adalah bentuk pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat dimana rakyat punya hak berpartisipasi, entah itu dengan berperan aktif maupun melakukan pengontrolan terhadap berbagai kebijakan pemerintah. Dalam lembaga resmi pemerintahan juga ada pemisahan jelas antara berbagai unsur seperti eksekutif, yudikatif maupun legislatif.

BACA JUGA :  Amerika Kembali Menolak Alih Teknologi Untuk KFX

Hans Kelsen

Pengertian demokrasi menurut Kelsen merupakan pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat dimana wakil rakyat terpilih sebagai pelaksana kekuasaan negara. Dalam demokrasi, rakyat yakin bahwa dalam pelaksanaan pemerintahan, semua kehendak serta kepentingan mereka bakal selalu diperhatikan.

Sidney Hook

Hook mengungkapkan bahwa demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana semua keputusan penting pemerintah, entah langsung maupun tidak langsung selalu berdasar pada kesepakatan mayoritas yang diberikan rakyat yang sudah dewasa secara bebas.

C. F. Strong

Pengertian demokrasi menurut para ahli seperti C. F. Strong adalah sebagai bentuk pemerintahan dimana kebanyakan anggota dewan yang berasal dari masyarakat turut serta dalam kegiatan politik yang berdasar pada sistem perwakilan. Dengan begitu pemerintah bisa menjamin serta mempertanggungjawabkan semua tindakan pada mayoritas tersebut.

Samuel Huntington

Huntington menganggap bahwa demokrasi bakal tercipta kalau para pemberi keputusan yang kuat dalam sistem pemerintahan dipilih lewat proses pemilihan umum berkala yang adil serta jujur. Para kandidat atau calon pemimpin di sistem itu bebas melakukan persaingan demi mendapatkan suara yang bakal diberikan para warga negara yang sudah dewasa.

H. Harris Soche

Soche menyatakan bahwa demokrasi adalah bentuk pemerintahan rakyat yang berarti pemegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan adalah rakyat atau orang banyak. Rakyat punya hak buat mempertahankan, mengatur, serta melindungi diri mereka dari paksaan wakil mereka atau orang dan badan yang diberi wewenang buat memerintah.

BACA JUGA :  Foto Foto Rudal Buk-2E, Sistem Hanud Ampuh Buatan Russia

Yusuf Al Qardhawi

Qardhawi menyatakan bahwa demokrasi merupakan wadah dimana rakyat bisa menunjuk seseorang buat mengurus maupun mengatur segala urusan mereka dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pemimpin bukan orang yang dibenci rakyat.
  • Peraturan yang berlaku bukan peraturan yang tidak mereka inginkan.
  • Rakyat berhak minta pertanggungjawaban pemimpin atau wakil yang mereka pilih kalau mereka bersalah.
  • Rakyat berhak memecat atau menurunkan pemimpin atau wakil yang mereka pilih kalau terbukti melakukan penyelewengan.
  • Rakyat tidak boleh dibawa ke sistem pemerintahan yang tidak mereka kenal dan sukai, entah itu di bidang ekonomi, sosial, politik, maupun budaya.

Abdul Ghani Ar Rahhal

Rahhal mengungkap demokrasi sebagai bentuk kekuasaan rakyat oleh rakyat dengan begitu rakyat merupakan sumber kekuasaan. Menurutnya Plato merupakan orang yang pertama kali mengungkap teori demokrasi.

Affan Gaffar

Menurut Gaffar, ada 2 makna yang terkandung dari pengertian demokrasi, yaitu:

  • Demokrasi normatif atau demokrasi ideal yang ingin diwujudkan suatu negara.
  • Demokrasi empirik atau demokrasi yang terwujud di dalam dunia politik.

Amien Rais

Amien Rais mengungkap beberapa kriteria yang mesti dipenuhi negara demokrasi dan juga 4 macam kebebasan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI AL China Coast Guard Hobby Militer

Foto Foto Insiden Laut China Selatan 20 Juni 2016

1
Pada tanggal 20 Juni 2016 yang lalu telah terjadi insiden penangkapan sebuah kapal nelayan China di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia di utara pulau...

Recent Comments