Thursday, June 30, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Serta Tokoh Pergerakan Nasional Indonesia

Sejarah Serta Tokoh Pergerakan Nasional Indonesia

Tanggal 20 Mei 1908 Wahidin bersama Sutomo serta para pelajar Stovia mengadakan rapat dan sepakat membentuk organisasi bernama Budi Utomo dengan Sutomo sebagai ketua. Tujuan Budi Utomo saat pertama dibentuk adalah menjamin kemajuan kehidupan sebagai bangsa terhormat dengan cara mengupayakan perbaikan di sektor pendidikan, pengajaran, kebudayaan, pertanian, peternakan, serta perdagangan.

Seiring perkembangan waktu, Budi Utomo terpecah menjadi dua aliran, yaitu:

    • Pihak Kanan

Pihak ini menginginkan keanggotaan organisasi mereka dibatasi golongan terpelajar, tidak terlibat dalam politik dan membatasi cuma pada pelajaran sekolah.

    • Pihak Kiri
BACA JUGA :  Pasca Peluncuran Rudal Jarak Dekat, Kim Jong-un Perintahkan Lebih Banyak Ujicoba Rudal Nuklir

Jumlah anggota pihak ini lebih kecil cuma terdiri dari kaum muda yang berkeinginan ke gerakan kebangsaan demokratik, serta lebih memberi perhatian kepada nasib rakyat yang menderita.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kapal Perang Korvet SIGMA Kelas Diponegoro

Mengenal Kapal Perang SIGMA Kelas Diponegoro Milik TNI AL

0
HobbyMiliter.com - Kapal perang Korvet SIGMA kelas Diponegoro didesain dan dibuat oleh galangan kapal Belanda, Damen Schelde Naval Shipbuilding. Kapal ini merupakan pesanan TNI...

Recent Comments