Wednesday, December 7, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Serta Tokoh Pergerakan Nasional Indonesia

Sejarah Serta Tokoh Pergerakan Nasional Indonesia

Barulah pada tanggal 3 Februari 1925 organisasi tersebut berubah namanya menjadi Perhimpunan Indonesia dengan semboyan Indonesia Merdeka walau dikatakan dalam bahasa Belanda. Para anggota pun memperluas jangkauan politik mereka dengan mengikuti berbagai kegiatan di dunia internasional hingga mendapat perhatian dunia internasional. Beberapa keterlibatan mereka dalam kegiatan internasional antara lain adalah::

    • Mengirim delegasi yang dipimpin Mohammad Hatta pada Kongres ke-6 Liga Demokrasi Internasional buat perdamaian di Paris tahun 1926.
    • Mengirim delegasi yang terdiri dari Mohammad Hatta, Batoto, Nasir Pamuncak, serta Achmad Soebardjo pada Kongres I Liga Penentang Imperialisme dan penindasan kolonial di Berlin tahun 1927.
BACA JUGA :  Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Namun Perhimpunan Indonesia kerap mendapat tekanan dari pemerintah Belanda, terutama setelah pemberontakan Partai Komunis Indonesia di tahun 1926. Meski demikian, Semaun bersama Mohammad Hatta pada tanggal 25 Desember 1926 menandatangani kesepakatan yang menekankan pada upaya Perhimpunan Indonesia buat tetap pada garis perjuangan kebangsaan serta menghimbau PKI agar tidak menghalangi perwujudan cita-cita Indonesia Merdeka. Kesepakatan tersebut kemudian dikenal dengan Konvensi Hatta-Semaun.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1177

Pemandangan kokpit dari team aerobatik Rusia

0
HobbyMiliter.com - Mungkin video ini bisa menginspirasi anda, bagaimana bangganya menjadi seorang pilot pesawat tempur profesional yang mampu bermanuver sedemikian indahnya, terbang meliuk-liuk dengan...

Recent Comments