Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterSejarahDampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Dampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Ultimatum tersebut mengharuskan semua penduduk Indonesia mengosongkan wilayah Bandung Utara termasuk pasukan bersenjata. Bersamaan dengan ultimatum tersebut, sekutu membagi Bandung menjadi dua dimana bagian utara termasuk wilayah kekuasaan sekutu dan selatan termasuk wilayah kekuasaan pemerintah Indonesia.

Ultimatum pasukan sekutu tersebut semakin dipertegas dengan tindakan nyata mereka dimana pada tanggal 21 Maret 1946 Dakota milik RAF yaitu Angkatan Udara Kerajaan Inggris terbang di atas Bandung sembari menurunkan ribuan lembar kertas dengan tulisan yang mengatakan bahwa para ekstrimis Indonesia mesti mengosongkan Bandung paling lambat tanggal 24 Maret 1946 pukul 24.00 dan mundur hingga 11 km dari tanda kilometer nol.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

4-perang-dua-front-india-vs-tiongkok-dan-pakistan

KSAD Militer India: Kami Siap Perang Dua Front Melawan Tiongkok dan...

0
Hobbymiliter.com - Kepala Staf Angkatan Darat India, Jenderal Bipin Rawat pada hari Senin, 2 Desember 2017 mengatakan bahwa pasukannya sudah siap untuk menghadapi perang...

Recent Comments