Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterSejarahDampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Dampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Saat itu tentara Inggris melakukan penyerangan hingga terjadi pertempuran sengit, dimana pertempuran tersengit terjadi di Desa Dayeuhkolot yang berada di sebelah selatan Bandung. Penyebabnya adalah karena keberadaan gudang amunisi besar milik tentara sekutu di sana yang ditargetkan untuk dihancurkan oleh dua anggota milisi Barisan Rakyat Indonesia atau BRI, Muhammad Toha dan Ramdan.

Misi mereka berhasil namun dengan mengorbankan nyawa mereka, Mohammad Toha meledakkan gudang dengan dinamit saat mereka berada di dalamnya. Walau awalnya staf pemerintahan Bandung berniat tetap tinggal di dalam kota, namun akhirnya mereka memutuskan untuk ikut evakuasi dari Bandung pada pukul 21.00 demi keselamatan mereka.

Sejak itu keadaan Bandung Selatan sekitar pukul 24.00 sudah kosong, para warga dan TRI sudah meninggalkan kota tersebut. Namun api terlihat masih membumbung tinggi dan membakar kota hingga menjadi lautan api.

BACA JUGA :  Latar Belakang Pemberontakan G30SPKI

Tindakan pembumihangusan kota Bandung dianggap merupakan strategi tepat yang diambil saat Perang Kemerdekaan Indonesia mengingat kekuatan TRI beserta milisi rakyat tidak sebanding dengan kekuatan pasukan sekutu dan tentara NICA. setelah peristiwa Bandung lautan api, TRI bersama dengan milisi rakyat terus melakukan perlawanan secara gerilya di luar kota.

Peristiwa tersebut mengilhami terciptanya lagu Halo, Halo Bandung yang hingga kini penciptanya masih menjadi bahan perdebatan. Lagu tersebut menjadi kenangan emosi para pejuang kemerdekaan Indonesia saat itu yang menantikan saatnya mereka bisa kembali lagi ke kota tercinta mereka yang telah menjadi lautan api.

BACA JUGA :  Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik

Istilah Bandung Lautan Api sendiri muncul di harian Suara Merdeka edisi 26 Maret 1946 oleh wartawan muda, Atje Bastaman. Atje menyaksikan pemandangan pembumihangusan Bandung yang membuat Bandung memerah dari Cicadas hingga Cimindi dari atas bukit Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk. Setibanya di Tasikmalaya, Atje dengan semangat menulis berita yang disaksikannya tersebut dan memberinya judul Bandoeng Djadi Laoetan Api, namun kemudian disingkat menjadi Bandung Lautan Api karena kurangnya ruang untuk judul panjang tersebut.

Sejarah peristiwa Bandung Lautan Api memiliki dampak tersendiri bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia, terutama dengan peledakan gudang mesiu oleh Mohammad Toha dan Ramdan yang merupakan persediaan tentara NICA untuk operasi di wilayah Priangan. Akibat peledakan tersebut tentara NICA tidak lagi punya persediaan amunisi.

BACA JUGA :  Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Jenderal Sudirman sebenarnya sempat menginstruksikan Nasution untuk melancarkan Serangan Umum di awal Juli 1946 karena menurutnya pertahanan Jawa Barat bukan cuma pertahanan lokal atau daerah saja. Jenderal Sudirman beranggapan kalau sampai Jawa Barat jatuh ke tangan sekutu dan tentara NICA maka keselamatan Indonesia akan terancam.

Karena itulah peristiwa Bandung Lautan Api mesti senantiasa dikenang masyarakat Indonesia sebagai bentuk pengorbanan rakyat Bandung demi kemerdekaan Indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI dr Soeharso Berkunjung ke Timor Leste

KRI dr Soeharso Berkunjung ke Timor Leste

0
Hobbymiliter.com - Kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso (SHS)-990 TNI AL berlayar ke Republic Democratic of Timor Leste (RDTL), 26/1/2016, saat resmi dilepas...

Recent Comments