Sunday, September 18, 2022
HomeBlog MiliterSejarahDampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Dampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Kolonel Nasution selaku Komandan Divisi III TRI menyusul ke Jakarta, namun pemerintah pusat bukannya mempertegas sikap yang ditunjukkan MBT, mereka memerintahkan Nasution untuk menuruti ultimatum pasukan sekutu tersebut. Perintah tersebut disampaikan Syahrir setelah permintaan perpanjangan waktu untuk pelaksanaan mundur yang diajukannya ditolak oleh Komandan Tertinggi Sekutu di Jakarta.

Saat Nasution masih berada di Jakarta, Jenderal Hawthorn selaku Komandan Divisi India ke-23 di Bandung mengumumkan bahwa Bandung akan dibersihkan dari berbagai unsur bersenjata pada siaran radio pukul 16.00 tanggal 23 Maret 1946. Hawthorn pun meminta agar warga sipil meninggalkan rumah dengan tenang selama periode tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Glide Bomb WS-43 On Display

TNI AD Hadiri Demonstrasi Senjata Loitering Glide Bomb WS-43 di China

0
HobbyMiliter.com - TNI AD Hadiri Demonstrasi Senjata Loitering Glide Bomb WS-43 di China. Perwakilan pejabat senior dari TNI AD sedang berada di China untuk menyaksikan demonstrasi...

Recent Comments