Thursday, October 6, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Pierre Tendean: Ajudan Dari Jenderal AH Nasution

Biografi Pierre Tendean: Ajudan Dari Jenderal AH Nasution

Patriotisme serta nasionalisme Tendean terlihat jelas dengan pengorbanannya saat peristiwa G30S. Akan tetapi hal tersebut sudah ditunjukkan Tendean sejak muda dimana walau dirinya kerap diejek sebagai kaum Indo, namun nasionalismenya tidak pernah luntur. Tendean tetap mengidentifikasikan diri mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia, dan kerap menunjukkan sikap nasionalismenya yang sekaligus merupakan perjuangan pengakuan identitas diri.

Sikap serta kepribadian Tendean tersebut sangat dipengaruhi peran ayahnya, Aurelius Lammert Tendean yang merupakan teladan utama Tendean. Sebagai seorang dokter spesialis jiwa, Aurelius dikenal sebagai seorang yang humanis. Hal tersebut terbukti saat surat kabar De Locomotief Samarangsch handels en advertentie blad di edisi 26 Januari 1955 menuliskan bahwa Aurelius yang saat itu menjabat Kepala Rumah Sakit Jiwa Tawang yang kini dikenal dengan nama RSJ dr. Amino Gondohutomo di Semarang menggratiskan pelayanan kesehatan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ARS-14KM, kendaraan dekontaminasi multi-peran milik pasukan proteksi Nubika Angkatan Bersenjata Rusia

Unit Proteksi Nubika Rusia Terima Kendaraan Baru

0
HobbyMiliter.com - Pasukan unit proteksi Nubika (Nuklir, Biologi, dan Kimia) Angkatan Bersenjata Rusia menerima satu batch kendaraan multi-peran ARS-14KM. Kendaraan ini akan ditempatkan di daerah...

Recent Comments