Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Surat Kartini tersebut sebagian besar berisi keluhan dan gugatan Kartini terutama terkait budaya Jawa yang menghambat kemajuan perempuan serta keinginannya agar wanita mendapatkan kebebasan untuk menuntut ilmu dan belajar.

Beberapa ide dan cita-cita yang dituangkan dalam suratnya antara lain adalah Zelf-ontwikkeling dan Zelf-onderricht, Zelfvertrouwen dan Zelfwerkzaamheid serta Solidariteit dimana semuanya itu didasarkan pada Religieuze Iti, Wijsheid en .Schoonheid yang berarti Ketuhanan, Kebijaksanaan dan Keindahan. Ditambah juga dengan Humanitarianisme atau perikemanusiaan serta Nasionalisme atau cinta akan tanah air.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Isi Teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Isi Teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

0
Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami poetra dan...

Recent Comments