Monday, March 4, 2024
HomeIran dan Tiongkok Catatkan Kerjasama Bersejarah

Iran dan Tiongkok Catatkan Kerjasama Bersejarah

61-iran-dan-tiongkok-catatkan-kerjasama-bersejarah
Hassan Rouhani menyambut Xi Jinping di Teheran. Sumber: islamicworld.it

Ini adalah kali pertama Presiden Tiongkok berkunjung ke Iran dalam 14 tahun terakhir, demikian disampaikan kantor berita Iran, IRNA. Kunjungan ini hanya berselang beberapa hari setelah sanksi nuklir Teheran dicabut oleh negara-negara adidaya dunia.

“Iran adalah rekan besar Tiongkok di Timur Tengah dan kedua negara telah memilih untuk meningkatkan hubungan bilateralnya,” ujar IRNA mengutip pernyataan Xi.

“Tiongkok dan Iran adalah dua negara berkembang yang penting dan harus melanjutkan kerjasama di bidang regional dan internasional,” tambah Xi.

BACA JUGA :  Korut Izinkan CNN Mewawancarai Tahanan Warga Negara AS Mereka

Beijing sejak lama menjadi pemain belakang di situasi diplomatik Timur Tengah, namun kini berkat program luar negeri khas Xi Jinping yang disebut “Satu Tali Satu Jalan” Tiongkok memilih jalur diplomasi terbuka demi mengembalikan kedigdayaan Jalur Sutra di zaman kuno.

Tiongkok sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia juga banyak bergantung pada impor energi dari Timur Tengah. Beijing merupakan konsumen terbesar ekspor minyak Iran, yang beberapa tahun belakangan dihantam sanksi dari AS dan Uni Eropa karena program nuklirnya.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

81-rusia-pertanyakan-penempatan-pasukan-as-di-perbatasan-norwegia

Rusia Terkejut Dengan Kehadiran Pasukan AS di Perbatasan Norwegia dan Negaranya

2
Hobbymiliter.com - Rusia mengatakan pihaknya terkejut dengan keberadaan pasukan Amerika Serikat yang ditempatkan di wilayah utara Norwegia. Kehadiran tentara AS disebut-sebut bernada kontroversial dan...

Recent Comments