Saturday, April 27, 2024
HomeKlaim Laut Cina Selatan Ditolak Pengadilan, Tiongkok Siagakan Kapal Perusak Berudal

Klaim Laut Cina Selatan Ditolak Pengadilan, Tiongkok Siagakan Kapal Perusak Berudal

Kapal Perusak Yinchuan Generasi Keempat Tiongkok. Sumber: Defence Blog
Kapal Perusak Yinchuan Generasi Keempat Tiongkok. Sumber: Defence Blog

Meski Tiongkok secara sejarah diakui pernah menguasai sumber daya di perairan Laut Cina Selatan, namun hak sejarah tersebut tidak lagi berlaku karena bertabrakan dengan Zona Ekonomi Eksklusif negara-negara sekitar yang telah ditetapkan oleh Konvensi Internasional.

Semakin lama, tekanan semakin menguat diantara Tiongkok dan beberapa negara ASEAN yang memilih menggandeng Amerika Serikat untuk menekan tindakan Tiongkok. Beijing diketahui membangun banyak pulau buatan yang dituduh sebagai pembangunan zona pertahanan udara (ADIZ) ilegal.

Sebagai balasan, Marinir AS beberapa kali melakukan tindakan provokasi dengan menempatkan kapal perang sekitar 12 mil jauhnya dari lokasi pembangunan pulau buatan milik Tiongkok.

BACA JUGA :  China Sebut Pesawat P-8 Poseidon AU Australia Diatas Laut China Selatan Sebagai Ancaman

Sedangkan Tiongkok tetap bersikukuh pihaknya berhak atas segala klaim untuk membangun fasilitas “di dalam teritori negaranya” dan menekankan bahwa “pulau buatan tersebut akan digunakan terutama untuk memfasilitasi masyarakat sipil.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Operasi Tinombala

Galeri Foto Operasi Tinombala: Kopassus dan Densus 88 Berburu Santoso Cs

2
Hobbymiliter.com - Kelompok Teroris Santoso adalah kelompok sipil bersenjata yang dipimpin oleh Santoso dan diduga merupakan kelompok pendukung teroris ISIS. Beberapa waktu lalu, dengan...

Recent Comments