Friday, October 29, 2021
HomeBlog MiliterNasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia

Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia

Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia.
Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia. Ilustrasi Jet Tempur F-35A Yang Akan Memperkuat AU Norwegia Menggantikan Armada Jet Tempur F-16 Yang Telah Lama Dioperasikan AU Norwegia.
Sumber : images.realclear.com

Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia. Kabarnya, begitu F-35 masuk dalam layanan dinas aktif di AU Norwegia, unit – unit jet tempur F-16 tersebut akan secara bertahap dipensiunkan. Tidak hanya itu, fasilitas milik Angkatan Udara Norwegia yang tadinya menjadi ‘rumah’ bagi jet tempur F-16 tersebut, yakni Bodø Air Station, tidak lagi menjadi ‘rumah’ bagi jet – jet tempur baru yang akan dioperasikan AU Norwegia.

Nantinya, unit – unit pesawat jet tempur F-35 yang akan dioperasikan Angkatan Udara Norwegia, akan ditempatkan di fasilitas milik AU Norwegia yakni di Ørland Main Air Station. Dengan sebagian akan di – dispatch atau disebar ke wilayah utara, di Evenes Air Base untuk menjadi armada pelindung bagi pesawat patroli dan surveillance maritim, P-8 Poseidon.

BACA JUGA :  Kehebatan C4ISR Sebagai Sistem Pertahanan Indonesia

Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia. Bodø Air Station sendiri memiliki nilai historis atau sejarah dimata para penerbang jet – jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Norwegia. Selain menjadi pengkalan operasional jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Norwegia sejak awal kedatangan nya, Bodø Air Station juga merupakan tempat berlatih bagi para calon pilot yang menerbangkan jet – jet tempur F-16 tersebut. Tidak hanya itu, Bodø Air Station juga pernah menjadi pangkalan bagi pesawat jet mata – mata legendaris milik Amerika Serikat saat Perang Dingin, U-2 dan SR-71 Blackbird. Gary Powers, seorang pilot dari pesawat jet mata – mata Amerika berjenis U-2 yang pernah ditembak jatuh oleh Uni Soviet diatas wilayah udara mereka pada tahun 1960, sedang dalam perjalanan ke Bodø Air Station saat pesawat yang ia piloti tersebut ditembak jatuh dan ia ditangkap oleh pihak Uni Soviet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua