Sunday, May 19, 2024
HomeAGM-119 Penguin, Rudal Anti Kapal Buatan Norwegia

AGM-119 Penguin, Rudal Anti Kapal Buatan Norwegia

Selain dipakai untuk keperluan sendiri, Rudal Penguin Mk I, lansiran pertama juga digunakan AL Turki. Pada tahun 1980, Kongsberg meluncurkan versi kedua, Penguin Mk2, yang terdiri dari dua jenis: Mod 3 dan Mod 7. Rudal Penguin Mod 3 dirancang untuk dipasang di kapal patroli, sementara Rudal Penguin Mod 7 untuk helikopter. AGM-119 Penguin Mod 7 di antaranya bisa digotong oleh Bell 412EP, Westland Super Lynx, Sikorsky S-70B, dan SH-60B Seahawk.

Pengembangan masih terus dilakukan seiring gerak evolusi di bidang teknik perang permukaan. Di bawah koordinasi AU AS sebagai user dan pemodal, tiga belas tahun kemudian lahir AGM-119 Rudal Penguin Mk III. Yang membedakan dengan versi terdahulu adalah penjejak sasaran yang sudah digital total. Lebih dari itu, AGM-119 Penguin Mk III hanya bisa dipanggul pesawat tempur F-16 Fighting Falcon.

BACA JUGA :  Fire Power Kyai Samber Langit

Saat ini, Rudal Pengguin sedang dalam proses penggantian dengan rudal berteknologi lebih baru: NSM alias Naval Strike Missile yang akan kita bahas teknologinya pada kesempatan berikutnya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Intrinsic Defender 2022, Latihan Bersama AL AS – Israel

Intrinsic Defender 2022, Latihan Bersama AL AS – Israel

0
Hobbymiliter.com – Pada tanggal 27 Maret 2022, tepatnya pada hari Minggu, unsur – unsur kekuatan dari Armada Ke-5 Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy)...
Latihan Anti Teror.

Foto Latihan Anti Teror

Recent Comments