Tuesday, March 26, 2024
HomeAlutsistaHelikopterMengenal Keluarga Besar Helikopter Tempur Rusia Mil Mi-24 Hind

Mengenal Keluarga Besar Helikopter Tempur Rusia Mil Mi-24 Hind

Mengenal Keluarga Besar Helikopter Tempur Rusia Mil Mi-24 Hind – HobbyMiliter.com. Inilah dia salah satu icon Perang Dingin asal Rusia, dinasti heli tempur Mi-24 Hind. Walau termasuk muka lawas, toh Barat tetap menaruh hormat pada mesin perang yang satu ini. Maklum saja, keampuhannya untuk menggotong senjata plus sejumlah pasukan memang bikin lawan jadi gentar.

Urusan bikin gemetar tak hanya sebatas pada kemampuan saja. Tampangnya yang seram juga punya andil membangun image kesaktiannya. Dari depan, kaca kokpit bertingkat model buble bak orang bongkok. Sementara sayap di kanan-kiri bodi heli bak lengan-lengan berotot merengkuh tabung-tabung roket. “Si bongkok penebar maut”, begitu analis militer Barat sering menyebutnya. Hunchback from Hell.

BACA JUGA :  Amerika Serikat Setujui Paket Bantuan Militer 500 Triliun Kepada Israel

Berikut empat varian heli Mi-24 dimana salah satunya adalah tipe yang juga memperkuat TNI AD.

Mi-24 Hind-A

Kalau pernah melihat gambar hitam-putih heli tempur bertampang seram Soviet di era 70-an seperti diatas ini, tak salah lagi, itu varian Mi-24 Hind-A. Varian ini merupakan versi awal dari produksi massal keluarga Hind.

Helikopter Tempur Soviet Mil Mi-24A Hind A, perhatikan rudal antitank AT-2 Swatter di sayapnya.
Helikopter Tempur Soviet Mil Mi-24A Hind A, perhatikan rudal antitank AT-2 Swatter di sayapnya.

Mentang-mentang versi awal, bukan berarti keampuhan persenjataannya hanya bisa dipandang sebelah mata. Tak percaya? Simak saja ini. Senapan mesin berat Afanasayev laras tunggal kaliber 12,7 mm pada hidung; empat tabung roket masing-masing berisi 32 roket kaliber 57 mm; terakhir adalah empat rudal antitank 9M17P Falanga (AT-2 Swatter).

BACA JUGA :  Amerika Kembali Menolak Alih Teknologi Untuk KFX

Dahsyat memang. Tapi nanti dulu. Ada satu kelemahan fatal pada Hind-A. Bagian muka alias kokpit gampang tertembus peluru. Bahkan oleh peluru-peluru senapan serbu yang notabene berkaliber kecil sekalipun (kaliber 5,56 mm). Alhasil nyawa sang pilot serasa berada di ujung tanduk manakala heli diajak berlaga di medan perang.

Selain digunakan oleh Angkatan Bersenjata Soviet, varian Mi-24 Hind-A dipakai pula oleh Aljazair, Libya, Vietnam, dan Afghanistan. Pada film RAMBO, sebuah heli Puma dimodifikasi agar mirip Hind-A dan menjadi lawan dari rambo.

BACA JUGA :  Rusia Kembangkan Unit Robot Tempur Berukuran Tas Ransel

Mi-24D Hind-D

Pertama dipergoki pada tahun 1977, awalnya pihak Barat mengira Mi-24 Hind-D merupakan heli tempur terbaru Pakta Warsawa, sehubungan dengan bentuknya yang cukup berbeda. Perkiraan ini meleset. Hind-D tak lain merupakan varian lanjutan dari Hind-A.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

69-arab-saudi-perketat-anggaran-negara

Arab Saudi Perketat Anggaran Negara Akibat Perang

0
Hobbymiliter.com - Arab Saudi telah mengumumkan rencananya untuk meyakinkan kembali investor bahwa ekonomi negaranya akan mampu bertahan di tengah murahnya harga minyak dunia. Seperti diketahui,...

Recent Comments