Monday, March 4, 2024
HomeAlutsistaRudalMengenal Rudal CHAMP, Senjata Untuk Mematikan Perangkat Elektronik

Mengenal Rudal CHAMP, Senjata Untuk Mematikan Perangkat Elektronik

Sistem senjata CHAMP bekerja dengan cara yang unik. Kompleks pemancar gelombang mikro ini dapat dipasangkan kedalam sebuah platform rudal jelajah tipe AGM-86 B ALCM. Rudal AGM-86 B ALCM ini merupakan rudal jelajah yang dapat diluncurkan dari pesawat pembom strategis B-52 Stratofortress milik Angkatan Udara Amerika Serikat atau USAF.

Begitu rudal ini diluncurkan, ia akan terbang sesuai dengan rute perjalanan atau flight plan yang telah direncanakan menuju ke area sasaran. Setibanya di area sasaran, perangkat sistem senjata CHAMP akan menembakkan gelombang elektromagnetik yang dapat mematikan berbagai macam perangkat elektronik yang ada di area sasaran yang terdampak oleh pancaran gelombang elektromagnetik tersebut.

BACA JUGA :  Unit Proteksi Nubika Rusia Terima Kendaraan Baru
Sebuah Pesawat Pembom Strategis B52 Stratofortress Meluncurkan Rudal Jelajah AGM86B.
Sebuah Pesawat Pembom Strategis B52 Stratofortress Meluncurkan Rudal Jelajah AGM86B.
Sumber : the aviationist

Secara sederhananya, sistem senjata CHAMP bekerja dengan cara menembakkan gelombang elektromagnetik ke titik sasaran sehingga area terdampak akan mengalami kerusakan dan kelumpuhan sistem elektronika nya (seperti misalnya mati listrik mendadak, atau smartphone dan komputer yang tiba – tiba mati total).

Setelah berhasil melaksanakan misi nya, rudal jelajah pembawa sistem senjata non lethal tersebut akan secara otomatis menghancurkan diri sendiri dengan mekanisme self-demolition yang dimilikinya. Dengan cara kerja yang demikian, dapat ditemukan beberapa faktor utama yang mempengaruhi kesuksesan dari setiap misi yang nantinya diemban oleh sistem senjata CHAMP ini, diantaranya sebagai berikut :

  1. Luasan area sasaran yang akan atau hendak diserang
  2. Ketinggian terbang platform rudal yang membawa sistem senjata CHAMP tersebut
  3. Daya tahan perangkat di area sasaran terhadap gelombang elektromagnetik
BACA JUGA :  Foto Foto Reruntuhan Kompleks Militer Rusia : Baterai Anti Kapal Selam Rusia

Nyaris Ditembakkan Ke Korea Utara

HobbyMiliter membahas sistem senjata CHAMP bukan tanpa alasan. Selain karena cara kerjanya yang unik, konon sistem senjata inilah yang hampir ditembakkan ke Korea Utara beberapa tahun silam. Sebelumnya, pada tahun 2012 silam, sebuah uji coba dikabarkan telah sukses dilaksanakan atas sistem senjata CHAMP tersebut di Utah Test and Training Range yang berlokasi di Hill Air Force Base, Amerika Serikat.

Konsep 3D Tentang Sistem Senjata CHAMP.
Konsep 3D Tentang Sistem Senjata CHAMP.
Sumber : boeing
Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

47-uni-eropa-kecam-pembangunan-pemukiman-ilegal-israel

Uni Eropa Kecam Pembangunan Pemukiman Ilegal Israel Terbesar Sepanjang Sejarah

0
Hobbymiliter.com - Israel kembali melancarkan tindakan pencaplokan tanah paksa untuk memperluas pembangunan pemukiman mereka di Tepi Barat. Kali ini, yang menjadi incaran adalah ratusan hektar...

Recent Comments