Friday, December 2, 2022
HomeMiliterKisah MiliterSejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

F/A-18 Hornet di Kapal Induk.
F/A-18 Hornet di Kapal Induk.

“Kalian berempat sengaja saya tunjuk karena kalian mempunyai kemampuan. Hati-hati dalam penerbangan, tugas kalian dari Pangkohanudnas melalui Pangkosekhanudnas II hanya melakukan identifikasi, jangan emosi, jangan menembak bila tidak ada perintah. Saya akan bertindak selaku Duty sekaligus Kodal dalam operasi ini. Ian saya tunjuk sebagai flight leader didampingi Fajar sebagai Mission Commander di belakang. Fajar sebagai senior saya harap bisa mengendalikan operasi ini. Sedangkan Tony dan Striyo bertindak sebagai wingman. Laksanakan tugas dengan baik, jelas semua… ?!!” demikian  Letkol Tatang memberikan arahan dan perintah kepada para penerbang yang menjadi pelaku sejarah dalam Insiden Bawean ini.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

  1. Indonesia harus memperkuat kemampuan perang elektronikanya. Jangan sampai dijamming seperti ini dan seperti waktu latihan gabungan TNI di NATUNA jaman SBY dulu, dimana komunikasi sempat mati beberapa jam.

  2. Wuih, ternyata F-5 Tiger AU Singapura punya kemampuan serangan jarak jauh ya. Punya probe aerial refueling. Beda spek dengan F-5 Tiger kita. Dulu mengapa kita nda beli yang ber-aerial refueling ya? Kan beli F-5 dan beli Tanker ga beda jauh waktunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1-tank-t-90a-debut-di-suriah

Tank T-90A Rusia Lakukan Debut Pertempuran Di Suriah

0
Hobbymiliter.com - T-90A, salah satu alutsista tercanggih yang dimiliki oleh Angkatan Bersenjata Rusia, telah diikutsertakan dalam perang bersama pasukan pemerintah Suriah. Berita ini sebelumnya telah...

Recent Comments