Tuesday, May 28, 2024
HomeMiliterAnalisis MiliterKekuatan Militer China vs Taiwan, Siapa Yang Akan Menang?

Kekuatan Militer China vs Taiwan, Siapa Yang Akan Menang?

Mirage 2000-5, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan
Mirage 2000-5, salah satu andalan AU Taiwan dalam konflik China vs Taiwan

Rudal Hsiung Feng II yang merupakan rudal generasi terkini kemampuannya bahkan setara dengan rudal buatan AS, Harpoon. Hsiung Feng II memiliki ukuran panjang 4,6 m, berat 685 kg dan mampu melesat sejauh 80 km. Rudal yang digerakkan motor turbo jet ini dilengkapi pemandu sinar infra merah untuk menghantam sasarannya. Hsiung Feng II telah sukses diuji coba sejak tahun 1996.

Pesawat serang Q-5 Fantan, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
Pesawat serang Q-5 Fantan, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Jika perang antara Cina dan Taiwan benar-benar terjadi, tahap awal dari pertempuran bisa dipastikan akan dimulai dengan serbuan rudal, pesawat tempur, kapal perang. Hujan rudal balistik yang diluncurkan dari Beijing sesuai strategi pertahanannya akan dicoba ditangkis oleh Taiwan menggunakan rudal yang sudah dipasok oleh AS, Patriot dan iHawk.

BACA JUGA :  Sejarah Dan Biografi Ki Ageng Selo

Selain rudal penangkis Patriot, Taiwan ternyata juga memproduksi sendiri rudal sejenis, yakni Tien Kung. Rudal suface to air yang menghantam sasarannya dengan panduan radar itu mampu melesat sejauh 50 km. Produksi besar-besaran Tien Kung dimulai sejak 1988. Rudal yang dikenal sangat akurat ini berbobot 915 kg dan panjangnya 5,3 m.

Untuk meningkatkan kemampuan, rudal Tien Kung II yang merupakan generasi lebih ampuh juga sudah diproduksi. Rudal berbobot 1.115 kg dan panjang 8,1 m ini mampu menghantam sasaran sejauh 80 km. Namun, masih ada lagi rudal paling dahsyat yang dimiliki Taiwan, yaitu Ching Feng. Rudal yang cenderung dirahasiakan oleh Taiwan ini mampu melesat sejauh 130 km dan kepala rudalnya bisa dipasang nuklir, walaupun hingga sekarang Taiwan masih tidak punya hulu ledak nuklir.

BACA JUGA :  Penampakan Pesawat Tempur J-10C Terbaru Buatan China
J-10C, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
J-10C, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Ketika kemampuan Tien Kung akan ditingkatan hingga 1.000 km, AS sempat melakukan tekanan terhadap Taiwan karena produksi rudal jenis Tien Kung II akan membuat Taiwan makin berambisi untuk memproduksi nuklir, dan bisa menyebabkan China melakukan serangan pre-emtive.

Patriot akan menberikan sambutan meriah untuk serangan China dalam konflik China vs Taiwan
Patriot akan menberikan sambutan meriah untuk serangan China dalam konflik China vs Taiwan

Perang udara dipastikan akan lebih seru ketika pesawat-pesawat tempur Cina mulai memasuki wilayah udara Taiwan. Ratusan F-16 dan Mirage 2000-5 serta Ching-Kuo yang dimiliki Taiwan akan menjadi penghalang yang sulit ditembus. Dog fight antara kedua negara menggunakan rudal yang dimiliki pasti sangat seru. Dilihat dari persiapan yang sudah dilakukan Taiwan, bentrok menggunakan kekuatan udara khususnya rudal tampaknya memang menjadi pilihan paling baik bagi Taiwan.

BACA JUGA :  L-159, Pesawat Penyerang Buatan Ceko
J-8, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan
J-8, salah satu andalan PLAAF dalam konflik China vs Taiwan

Hingga saat ini program pembuatan rudal bahkan makin menjadi jadi. Rupanya Taiwan tak mau hanya dalam posisi defensif atau bertahan saja. Rudal yang mampu menjangkau daratan Cina pun diproduksi, yakni Yun Feng dan Sky Horse yang mampu melesat sejauh lebih dari 300 km. Namun kabarnya, pengembangan senjata ofensif ini ditutup atas desakan Amerika.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

M109A4-GScover

Kedatangan M109A4 GS di Armed TNI AD

0
Kedatangan M109A4 GS di Armed TNI AD - HobbyMiliter.com – Selain menggunakan kapal Belgia, sejumlah 18 unit Self Tracked Propelled Howitzer atau disebut Artileri...

Recent Comments