Thursday, June 30, 2022
HomeMiliterKisah MiliterOperasi Haik, Campur Tangan CIA Dalam Pemberontakan PRRI dan Permesta

Operasi Haik, Campur Tangan CIA Dalam Pemberontakan PRRI dan Permesta

Seolah tidak mau kalah, sekelompok masyarakat yang juga terdiri dari kalangan perwira militer di daerah Sulawesi Selatan juga mendeklarasikan bahwa mereka bersimpati atas perjuangan yang dilakukan oleh kelompok PRRI dan mendeklarasikan berdirinya kelompok lainnya yakni Perdjuangan Rakyat Semesta atau disingkat Permesta.

Kelompok ini kemudian dipimpin oleh seorang perwira militer yang juga berpangkat Letnan Kolonel, yakni Letnan Kolonel H.N Ventje Sumual, salah satu perwira yang berperan besar dalam serangan umum 1 Maret di Yogyakarta. Permesta menyatakan diri mendukung perjuangan yang dilakukan PRRI, dan oleh karena kesamaan maksud dan tujuan, menyatakan diri memutus hubungan dengan pemerintah pusat Republik Indonesia.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

2 COMMENTS

  1. Bung Karno main gila dengan komunis. Belum 10 tahun PKI berontak nikam dari belakang di Madiun, ehh, dia mau rangkul lagi. Ngundang begal residivis masuk rumah jadi tamu bahkan anggota keluarga kesayangan lagi. Apa gak geram itu banyak perwira AD (dan juga golongan agama) di daerah utamanya yang dulunya mati matian mereka menumpas PKI di Madiun? Bung Karno dulu dianggap banyak kalangan main api di tengah tumpukan jerigen bensin. AS melihat ini sebagai kesempatan. Menyokong para perwira di daerah tadi, kalo bisa sampai mendongkel Bung Karno yang ngasih angin PKI, musuh besarnya sebagai pentolan kapitalis. Ibarat nasi panas ketemu sambal terasi, klop sudah. Wlau akhirnya “pemebrontakan” ini gagal karena sebagian besar militer “setia” (sampai 1965 tentunya, selewat itu tau sendiri sudah habis sabarnya barangkali liat “cinta kasih” BK kepada PKI) kepada Bung Karno. Dan AS yang ketangkap basah bantuin PRRI/Permesta akhirnya malu sendiri bahkan “diperas” tentara kita sampai “ikhlas” jualan Hercules, AR-15/M16 dan spare part alutsista buatan mereka untuk kita. Kejadian ini boleh lah disebut “blessing in disguise” untuk kita. AS sejak itu gak berani lagi terang terangan “main kayu” sama kita, tapi ganti peran main halus main belakang dengan kekuatan anti komunis di negara ini hingga BK tumbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen Meresmikan Kapal Carrier Killer Ta Chang.

Taiwan Resmikan Kapal Perang “Carrier Killer” Ta Chiang

0
Taiwan Resmikan Kapal Perang “Carrier Killer” Ta Chiang - Hobbymiliter.com – Pada hari Kamis, 9 September 2021 waktu setempat, presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, meninjau...

Recent Comments