TNI melayani kontak tembak dengan Gerakan Aceh Merdeka, 2003
TNI melayani kontak tembak dengan Gerakan Aceh Merdeka, 2003

Foto Foto Darurat Militer Aceh 2003-2004, Operasi Militer Lawan GAM – HobbyMiliter.com. Di tahun 2003, pemerintah memutuskan melakukan operasi militer terpadu melawan Gerakan Aceh Merdeka setelah perundingan mengalami deadlock. Berbagai satuan dikerahkan dalam operasi terpadu ini, selain unsur Angkatan Darat, Unsur Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian juga dilibatkan  dalam operasi ini. Era ini dikenal sebagai masa Darurat Militer Aceh.

Ketika itu, Indonesia masih dalam status recovery dari krisis ekonomi yang melanda Asia Tenggara periode 1998-1999. Indonesia juga baru saja selesai menjalani embargo militer dari Inggris yang berlangsung selama 6 bulan dari 1999 hingga 2000. Juga masih mengalami embargo militer terbatas dari Amerika Serikat dari 1999 hingga 2005.

Baca juga :   Rusia Kirimkan Dua Fregat Ke Laut Mediterania Timur

Walaupun sedang dalam embargo, sebenarnya segala macam senjata masih bisa kita dapatkan melalui pihak ketiga, hanya saja memang anggaran belanja kita di era awal dekade 2000-an sangat sangat seret. Membayar gaji PNS saja sebenarnya mulai sulit dan akhirnya mulai dibuat otonomi daerah. Dan sebagian besar PNS pusat dialihkan ke daerah untuk mengurangi beban belanja APBN.

Saat  ini perdamaian sudah terjadi. Kedua belah pihak melakukan perundingan damai pasca tsunami Aceh. Dengan kedua belah pihak melakukan take-and-give dalam rangka mengupayakan perdamaian secara menyeluruh di bumi Aceh, akhirnya pada tanggal 15 Agustus 2005 perjanjian damai antara Pemerintah Republik Indonesia dan GAM di Helsinki Finlandia. Aceh pun menjadi damai hingga hari ini.

Baca juga :   Rusia Uji Tembak Rudal Bastion Di Kutub Utara

Artikel ini berisi beberapa foto dokumentasi Darurat Militer Aceh 2003-2004, Operasi Militer Lawan GAM. Foto foto diambil dari dokumentasi Reuters, Associated Press dan AFP. Artikel ini dimaksudkan untuk mengingat sejarah dan menampilkan dokumentasi mengenai apa yang terjadi di masa tersebut tanpa mengungkit luka masa lalu.

Ranpur V150 Commando dalam Operasi Darurat Militer Aceh 2003
Ranpur V150 Commando dalam Operasi Darurat Militer Aceh 2003

Foto pertama berupa ranpur Cadilac V150 Commando asal Amerika menjadi andalan pasukan kavaleri selama di Aceh. Ranpur ini cukup tahan dengan IED buatan GAM yang banyak ditebar di Aceh untuk menghadang konvoi pasukan TNI.

Baca juga :   Update Progress Pengerjaan PKR 2, KRI I Gusti Ngurah Rai 332
Ranpur Stormer buatan Inggris dalam Operasi Darurat Militer Aceh 2003
Ranpur Stormer buatan Inggris dalam Operasi Darurat Militer Aceh 2003

Walaupun dikatakan dikomplain oleh Inggris karena dianggap menyalahi perjanjian kontrak pembelinnya, ranpur Stormer tetap digunakan di dalam Operasi Militer di Aceh melawan GAM. Namun memang, pergerakannya dijauhkan dari press, apalagi press luar negeri. Tapi tetap saja, ada yang tertangkap kamera. [Bersambung ke halaman berikut]

1 COMMENT

  1. Jika Pindad saat itu melakukan reverse engineering terhadap VAB menjadi Anoa 6×6, kapan dilakukan reverse engineering terhadap anti-tank rocket launcher (LRAC F1, PF-98, RPG-7), ATGM (Javelin), MANPADS (Igla, Stinger, RBS-70), truk angkut personel, dll? Semoga kemandirian alutsista semakin meningkat.

Comments are closed.