Tuesday, May 28, 2024
HomeMiliterKisah MiliterKisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

Versi ini spesial karena merupakan versi MiG-29 yang memiliki teknologi khusus agar bisa membawa senjata nuklir Uni Soviet, versi yang tidak pernah diekspor Soviet sama sekali. Amerika tidak ingin teknologi Soviet ini jatuh ke tangan Iran.

Jadi akhirnya, pada tahun 1997 Amerika mengeluarkan senjata intelijennya yang paling pamungkas untuk mendapatkan MiG-29 Moldova tersebut: Uang Cash. Dengan membawa ‘bantuan kemanusiaan’ senilai 40 Juta Dollar, ditambah sejumlah truk militer dan peralatan militer non senjata lainnya, Amerika Serikat membeli 21 unit MiG-29 asal Moldova tersebut.

BACA JUGA :  Presiden Niinisto : Tak Perlu Referendum Untuk Finlandia Bergabung Dengan NATO
MiG-29 eks Moldova di Wright-Patterson AFB, 2003
MiG-29 eks Moldova di Wright-Patterson AFB, 2003

Ke 14 MiG-29C yang ditakutkan jatuh ke tangan Iran tersebut termasuk diantaranya. Keseluruhan pesawat ini, dibongkar di Moldova, lalu bersama termasuk spare mesin dan spare part lainnya dimasukkan ke pesawat angkut raksasa C-17 Globemaster dan diterbangkan ke Dayton, Ohio, Amerika Serikat.

Sisa MiG-29 Fulcrum yang tidak dibeli oleh Amerika sudah terlanjur dibeli oleh Yaman dan Eritrea, negara baru yang waktu itu sedang berperang dengan Ethiopia. Kisah pertempuran MiG-29 Eritrea lawan Sukhoi Su-27 Ethiopia bisa dibaca di link ini.

BACA JUGA :  Kisah Boeing 737 Surveillance, Pesawat Intai Maritim TNI AU
Latihan dogfight F-16 USAF vs MiG-29 USAF diatas Groom Lake, 2009
Latihan dogfight F-16 USAF vs MiG-29 USAF diatas Groom Lake, 2009. MiG-29 yang ekor 2, ngebul.

Sampai di Amerika, ke 21 MiG-29 Fulcrum Amerika ini segera dirakit ulang dan dibuat ‘menghilang’, masuk kedalam labirin berbagai skadron testing dan evaluasi milik USAF, termasuk beberapa terlihat di wilayah udara Area 51, Nevada. Tempat dimana wilayah pengujian rahasia Groom Lake berada.

Latihan dogfight F-16 USAF vs MiG-29 USAF diatas Groom Lake, 2009. MiG-29 yang ekor 2, ngebul.
Latihan dogfight F-16 USAF vs MiG-29 USAF diatas Groom Lake, 2009. MiG-29 yang ekor 2, ngebul.

MiG-29 adalah pesawat yang lincah, cukup mematikan pada masanya dulu. Rudal AA-11 Archernya merupakan rudal yang canggih di era-1990-an karena kemampuannya mengunci sasaran melalui helm si pilotnya. Sehingga pilotnya tidak perlu memposisikan hidung pesawat di belakang lawan. Kemampuan ini baru diperoleh oleh pesawat tempur barat secara efektif di era 2000an sejalan diperkenalkannya AIM-9X Sidewinder. Terlambat 10 tahun.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

8 COMMENTS

  1. Dan sebaliknya, bnyak juga alutsista US yg d dapat oleh Rusia, tp tdk d pubkasikan, salah satunya perpur legendaris F14 Tomcat yg d dapat dr Iran. Tanpa mempelajari teknologi Rusia, USA tdk mungkin bs semaju sekarang, krn sejak era MIG15 smpe MIG21 saja US sdh kalah telak bahkan d kelas pesawat pembom jarak jauh, sayang krismon menerpa USSR, kl tdk bs kita banyangkan gmn digdayanya Rusia, mungkin sm kl Jerman spt ketika era Hitler, krn teknoligi alutsista skrng dasarnya dr era Hitler

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

61-lithuania-bangun-kota-buatan-hadapi-ancaman-rusia

Khawatir Serangan Rusia, Lithuania Bangun Kota Buatan Untuk Berlatih Perang

0
Hobbymiliter.com - Lithuania resmi membuka “Kota Buatan” lengkap dengan gedung sekolah, stadium olahraga, dan pusat perbelanjaan untuk berlatih perang di perkotaan. Langkah ini diambil...

Recent Comments