Friday, December 2, 2022
HomeMiliterKisah MiliterKisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

Kisah Rahasia Intelijen Amerika Mendapatkan MiG-29 Fulcrum Untuk USAF

MiG-29 eks Moldova di Wright-Patterson AFB, 2003
MiG-29 eks Moldova di Wright-Patterson AFB, 2003

Ke 14 MiG-29C yang ditakutkan jatuh ke tangan Iran tersebut termasuk diantaranya. Keseluruhan pesawat ini, dibongkar di Moldova, lalu bersama termasuk spare mesin dan spare part lainnya dimasukkan ke pesawat angkut raksasa C-17 Globemaster dan diterbangkan ke Dayton, Ohio, Amerika Serikat.

Sisa MiG-29 Fulcrum yang tidak dibeli oleh Amerika sudah terlanjur dibeli oleh Yaman dan Eritrea, negara baru yang waktu itu sedang berperang dengan Ethiopia. Kisah pertempuran MiG-29 Eritrea lawan Sukhoi Su-27 Ethiopia bisa dibaca di link ini.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

8 COMMENTS

  1. Dan sebaliknya, bnyak juga alutsista US yg d dapat oleh Rusia, tp tdk d pubkasikan, salah satunya perpur legendaris F14 Tomcat yg d dapat dr Iran. Tanpa mempelajari teknologi Rusia, USA tdk mungkin bs semaju sekarang, krn sejak era MIG15 smpe MIG21 saja US sdh kalah telak bahkan d kelas pesawat pembom jarak jauh, sayang krismon menerpa USSR, kl tdk bs kita banyangkan gmn digdayanya Rusia, mungkin sm kl Jerman spt ketika era Hitler, krn teknoligi alutsista skrng dasarnya dr era Hitler

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

27-propaganda-rusia-di-eropa

Pengamat Politik Belgia Ungkap Metode Propaganda Rusia Di Eropa

0
Hobbymiliter.com - Wadah pemikir salah satu partai sayap kiri di Eropa mempublikasikan jurnal riset yang isinya mengungkapkan bahwa Rusia secara diam-diam mendorong agenda jahat...

Recent Comments