Saturday, April 27, 2024
HomeFoto Foto Tank Leopard 2RI TNI AD dalam Latihan Militer Indonesia di...

Foto Foto Tank Leopard 2RI TNI AD dalam Latihan Militer Indonesia di Natuna

Hobbymiliter – Foto Foto Tank Leopard 2RI TNI AD dalam Latihan Militer Indonesia di Natuna. MBT Leopard 2 adalah tank tempur berat yang diproduksi oleh perusahaan Jerman Krauss-Maffei. Tank ini awalnya desain untuk digunakan oleh tentara Jerman Barat untuk menghadapi serbuan negara negara Pakta Warsawa dari timur, dan dikembangkan di era 70-an, sejaman dengan pengembangan Tank M1 Abrams dari Amerika Serikat, Lercrec dari Perancis dan Challenger 2 dari Inggris. MBT Leopard 2 ini kemudian dikembangkan menjadi berbagai varian, termasuk diantaranya adalah varian MBT Leopard 2A4 dan varian MBT Leopard 2RI yang dimiliki oleh Indonesia.

BACA JUGA :  Varian Jet Tempur JF17B Kursi Ganda Laksanakan Penerbangan Perdana
Barisan Tank Leopard 2RI TNI AD
Barisan Tank Leopard 2RI TNI AD di Natuna

Sebelum memiliki MBT Leopard, kekuatan kavaleri indonesia bertumpu pada beberapa ratus tank ringan AMX-13 buatan Perancis dan yang lebih baru tank ringan Alvis Scorpion buatan Inggris. Selain itu juga bertumpu pada kendaraan tempur tua seperti Saraccen, BTR 40 dan Saladin.

Barisan MBT Leopard 2RI TNI AD
Barisan MBT Leopard 2RI TNI AD

Tentunya, jika dibandingkan tetangga sekitar yang memiliki tank tempur berat, koleksi AMX-13 tua yang didapat dalam 2 kali pengadaan saat orde lama dan orde baru bukanlah lawan yang sepadan. Dengan kanon 75mm (sebelum di upgrade) dan 105mm (setelah di upgrade) tentu bukan lawan kanon 120mm dan 125mm milik MBT tetangga. Demikian juga dengan tank ringan Alvis Scorpion TNI AD. Tank ringan yang tergolong baru dilingkungan TNI AD ini (pengadaan 1996) hanya dilengkapi dengan meriam 90mm.

BACA JUGA :  NABOD 2022 Meriahkan HUT Penerbal Ke-66
iring iringan MBT Leopard 2RI TNI AD
Iring iringan MBT Leopard 2RI TNI AD di Natuna

Dengan proyeksi ancaman bahwa di sekitar Indonesia terdapat negara negara yang memiliki MBT seperti misalnya Malaysia dengan MBT PT-91 Pendekar, Singapura dengan MBT Leopard 2A4 dan MBT Leopard 2SG (upgrade mandiri darii 2A4) maka TNI AD pun menyusun pengajuan kebutuhan akan Main Battle Tank bagi armada Kavalerinya. Hal ini juga sekaligus untuk memodernisasi kekuatan pemukul kavalerinya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

McDonnel Douglas AV-8 Harrier II USMC

Pesawat Jet Tempur STOVL Harrier, Pesawat Tempur Yang Tak Butuh Landas...

0
HobbyMiliter.com - Pesawat Jet Tempur STOVL Harrier, Pesawat Tempur Yang Tak Butuh Landas Pacu. Pada akhir 1950-an para ahli penerbangan Inggris, Amerika Serikat, Perancis...

Recent Comments