Friday, August 12, 2022
HomeFoto Foto Tank Leopard 2RI TNI AD dalam Latihan Militer Indonesia di...

Foto Foto Tank Leopard 2RI TNI AD dalam Latihan Militer Indonesia di Natuna

MBT Leopard 2RI memasuki kapal ADRI L
MBT Leopard 2RI memasuki kapal ADRI L. Source: JMP/Istimewa

Gagalnya kesepakatan G to G dengan Pemerintah Belanda membuat Kementerian Pertahanan Indonesia mencari sumber lain untuk pembelian MBT Leopard 2 ini: Jerman. Khusus untuk Jerman, maka yang dilakukan adalah negosiasi G to B, dimana ada 2 perusahaan Jerman yang dibidik: KMW, si pembuat Leopard 2 ini, dan Rheinmetall. Masing masing perusahaan mempunyai stok Leopard 2A4 bekas hasil buy back dan mempunyai penawaran upgrade yang mumpuni bagi Leopard 2A4 ini.

Cerianya anak anak diatas MBT Leopard 2RI
Cerianya anak anak diatas MBT Leopard 2RI. Sumber: JMP/Istimewa

Bulan Juli 2012, Tim dari Kemenhan Republik Indonesia kembali ke Jerman untuk melakukan negoisasi dengan Rheinmetall. Hasilnya, disepakati pembelian 61 unit MBT Leopard 2RI dan 42 MBT Leopard 2A4. MBT Leopard RI merupakan MBT Leopard 2A4 yang diupgrade secara custom dengan merujuk pada paket upgrade Leopard 2 Revolution yang ditawarkan oleh Rheinmetall. Pembelian ini merupakan good deal, dengan harga USD 1.7 juta untuk per unit MBT Leopard 2RI dan USD 700 ribu untuk setiap unit MBT Leopard 2A4. Pembelian masih ditambah dengan 5 recovery vechicle, 3 bridge layer, 3 tank zeni dan 72 unit IFV Marder. Total biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, tetap sesuai anggaran semula: $280 juta dollar.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

27-propaganda-rusia-di-eropa

Pengamat Politik Belgia Ungkap Metode Propaganda Rusia Di Eropa

0
Hobbymiliter.com - Wadah pemikir salah satu partai sayap kiri di Eropa mempublikasikan jurnal riset yang isinya mengungkapkan bahwa Rusia secara diam-diam mendorong agenda jahat...

Recent Comments