A-4 Skyhawk Malaysia
A-4 Skyhawk Malaysia

Kisah Hilangnya A-4 SkyHawk Angkatan Udara Malaysia di Amerika – HobbyMiliter.com. Tidak lama setelah Indonesia membeli 30++ A-4E SkyHawk bekas pakai dari Israel, Malaysia juga membeli 88 A-4 SkyHawk bekas pakai Angkatan Laut Amerika di pertengahan era 80-an. Dan sama seperti pembelian A-4 Skyhawk Indonesia yang diliputi oleh misteri, pengadaan A-4 Skyhawk Malaysia juga diliputi misteri. Hanya saja, misterinya termasuk misteri buruk.

Tidak lama setelah TNI Angkatan Udara mendatangkan A-4E Skyhawk batch pertama dari Israel dalam misi rahasia yang bersandi Proyek Alpha, Angkatan Udara Malaysia juga membeli pesawat tempur jenis yang sama namun dari tipe yang berbeda.

Baca juga :   Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia

Pada tahun 1982, Pemerintah Malaysia melakukan pembelian 25 unit pesawat tempur A-4C dan 26 A-4L Skyhawk dari Pemerintah Amerika. Pesawat tempur Skyhawk yang dibeli Malaysia tersebut adalah pesawat tempur bekas pakai Angkatan Laut Amerika yang sudah pensiun dan disimpan di AMARG, fasilitas penyimpanan pesawat militer yang sudah tidak terpakai yang terletak di gurun, sering disebut sebagai kuburan pesawat. Cukup berbeda dengan A-4E TNI AU yang ketika berpindah tangan statusnya masih aktif digunakan oleh militer Israel.

Baca juga :   Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan

Pesawat pesawat veteran perang Vietnam ini dibeli dalam kondisi as is where is senilai kurang dari 1 juta dollar per pesawatnya. Oleh Angkatan Udara Malaysia, direncanakan dari 88 airframe yang dibeli ini, 54 diantaranya akan dihidupkan kembali menjadi fighter bomber berkursi tunggal dan 14 lainnya akan dimodifikasi menjadi pesawat berkursi ganda untuk keperluan training dan konversi pilot. [Bersambung ke Halaman Berikutnya]

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here