Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaPesawat TerbangYakovlev Yak-25RV Mandrake, Pesawat Mata-Mata Dari Uni Soviet

Yakovlev Yak-25RV Mandrake, Pesawat Mata-Mata Dari Uni Soviet

Dan dengan demikian Uni Soviet mulai menggunakan pesawat yang serupa dengan pesawat mata-mata yang dimiliki oleh rivalnya, Amerika Serikat. Dengan tampilan fisik yang sekilas mirip dengan U-2 Dragon Lady, maka tak lama bagi Yak-25RV untuk mendapat julukan sebagai “U-2 nya Uni Soviet”.

Spesifikasi Teknis Yakovlev Yak-25RV “Mandrake”

Yak-25RV Three Side Schematic Drawing
Yakovlev Yak-25RV Mandrake, Pesawat Mata-Mata Dari Uni Soviet. Tampilan Skematik Pesawat Mata-Mata Yak-25RV.
Sumber : yak.ru

Berdasar buku Soviet Spyplanes Of The Cold War karya Yefim Gordon dan Dmitriiy Komissarov, berikut spesifikasi teknis Yakovlev Yak-25RV Mandrake :

Panjang Total : 15,93 Meter

Rentang Sayap : 23,4 Meter

Tinggi Total (dari permukaan tanah) : 4,3 Meter

Bobot Kosong : 6,175 Ton

Bobot Saat Lepas Landas (Take-off weight) : 9,8 Ton

Kecepatan Maksimal : 0,82 Mach

Jarak Jangkau Maksimal : 2.500 kilometer – 5.000 kilometer tergantung ketinggian jelajah

BACA JUGA :  Sepakat Soal Diskon Harga, Pentagon Pesan 90 Unit F-35 dari Lockheed Martin

Ketinggian Jelajah Maksimal : 68.900 kaki atau setara 21.000 meter atau 21 kilometer

Mesin : 2 x Tumanskiy R11V-300 axial flow non-afterburner Turbojet

Yakovlev Yak-25RV, Kami Suka Nanjak

Yak-25RV 11 Red At Monino Central Russian Air Force Museum 2
Yakovlev Yak-25RV Mandrake, Pesawat Mata-Mata Dari Uni Soviet. Satu Unit Yak-25RV Yang Dipajang Di Museum Sentral AU Russia Di Monino, Dekat Kota Moskow.
Sumber : flickr

Jika di kalangan pecinta otomotif terkenal slogan “Kami Suka Turbo”, maka bagi penulis slogan yang sesuai bagi Yak-25RV si pesawat mata-mata asal Uni Soviet ini adalah “Kami Suka Nanjak”. Mengapa demikian? Karena dalam fase pengembangannya, hingga fase operasionalnya, Yakovlev Yak-25RV terkenal “tidak mau dibawa turun apabila sudah mencapai ketinggian jelajah maksimalnya”.

Kekurangan utama dari desain pesawat mata-mata Yakovlev Yak-25 RV adalah absennya fitur rem udara lateral, yang mana fitur ini ada pada pesawat yang menjadi basis pengembangan Yak-25RV, yakni Yak-25 dan Yak-25M. Absennya fitur pengereman lateral melalui perangkat rem udara lateral ini menyebabkan pesawat mata-mata ini agak sulit untuk diturunkan jika sudah berada pada ketinggian jelajah tertentu.

BACA JUGA :  Makin Dekat Dengan AS, Filipina Beri Akses Empat Pangkalan Militer Ke AS

Lucunya, meski sulit untuk dibawa turun dari ketinggian tertentu, mesin Tumanskiy R11V-300 yang digunakan pada Yak-25RV justru rentan mengalami Flame Out atau mati mendadak pada saat pesawat sedang berada di ketinggian jelajah tertingginya, yakni pada kisaran 64.000 kaki hingga 68.900 kaki. Lebih ironis lagi, pilot tidak dapat melakukan restart atau menyalakan kembali mesin jika tidak melakukan manuver turun ke ketinggian yang lebih rendah.

Pilot harus menurunkan pesawat kurang lebih 19.000 kaki kebawah, ke level ketinggian 49.000 kaki hingga 50.000 kaki agar dapat melakukan proses menyalakan kembali (restart) mesin. Ini terjadi karena mesin Tumanskiy R11V-300 yang digunakan oleh Yak-25RV tidak memiliki sistem pengaliran oksigen internal untuk dapat melakukan restart mesin jika mengalami mati mesin di ketinggian jelajah tertingginya.

BACA JUGA :  SANCAR USV Kapal Bersenjata Tanpa Awak Buatan Turki Resmi Diluncurkan

Cerita menarik dialami oleh dua orang pilot penguji yang sama-sama mengalami kondisi susah turun dari ketinggian jelajah tertinggi kala sedang melaksanakan uji coba penerbangan prototype pesawat Yakovlev Yak-25RV ini. Kedua orang pilot tersebut adalah Vladimir P. Smirnov dan Aleksey A. Shcherbakov, yang sama – sama mengalami insiden dimana pesawat Yak-25RV yang mereka terbangkan tidak mau dibawa turun ke level ketinggian jelajah yang lebih rendah.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

80-kapal-royal-navy-kawal-kapal-tempur-satgas-rusia-2

[FOTO] Pengawalan Royal Navy Inggris Terhadap Armada Kapal Satgas Rusia

0
Hobbymiliter.com - Badan Penerangan Departmen Pertahanan Inggris menerbitkan foto-foto operasi pengawalan armada kapal perang Rusia yang melewati perairan Britania pada hari Jumat, 15 Oktober...

Recent Comments