MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

0
359
MiG 21 Jet Tempur Sepanjang Masa 6
MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa. MiG-21 Milik VPAF / AU Vietnam Utara Yang Berhasil Menembak Jatuh 13 Pesawat Amerika Pada Perang Vietnam.
Sumber : wikipedia

MiG-21, Selalu Tampil Di Medan Laga

MiG-21 yang didesain untuk menjadi sebuah jet tempur yang “murah, cepat diproduksi, dapat segera digantikan jumlahnya ketika ada yang jatuh” segera menjadi arsenal utama VVS (AU Uni Soviet) dalam Perang Dingin. Selain menjadi salah satu momok pada masa Perang Dingin, MiG-21 juga ikut tampil dalam berbagai medan laga konflik di muka bumi.

Hampir seluruh medan laga telah didatangi oleh MiG-21. Mulai dari dinginnya Eropa pada Perang Dingin, iklim tropis Asia pada berbagai konflik mulai dari operasi Trikora di Indonesia pada tahun 1962, perang Vietnam (MiG-21 masuk AU Vietnam Utara pada tahun 1966), perang India-Pakistan 1971, hingga kering dan tandusnya wilayah Timur Tengah dan Afrika pada konflik timur tengah yang melibatkan Israel dan negara-negara jazirah Arab, serta konflik-konflik yang terjadi pada sesama negara – negara jazirah Arab (Perang Libya vs Mesir pada 1977, Perang Iran – Iraq pada medio 1980an, Perang Sipil Libya 1 dan 2).

MiG-21 merepresentasikan apa yang oleh penulis disebut sebagai sebuah “Jet Tempur Sepanjang Masa”. Didesain sejak era tahun 1950-an, beberapa negara tercatat masih efektif menggunakan MiG-21 sebagai penempur untuk misi-misi intersepsi terbatas, serang darat, hingga patroli perbatasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here