Thursday, July 25, 2024
HomeMiliterAlutsistaCakra Baskara, Sistahanud jarak pendek Soviet

Cakra Baskara, Sistahanud jarak pendek Soviet

Uji coba sistem ini akhirnya berhasil pada 4 Oktober 1971, dan diputuskan untuk masuk tugas dengan produksi awal sebanyak 12 Kendaraan.

Osa di Laut

Perubahan yang diusulkan oleh VP. Efremov tidak serta merta mengubah rencana keseluruhan daripada desain Sa-8. bagian-bagian yang sudah dikembangkan untuk sistem Ellipse akhirnya tetap diadopsi untuk varian laut dari Sa-8. Varian ini diberi nama kode NATO sebagai “SA-N-4”

SAN-4
Varian laut untuk SA-8.

Varian angkatan laut ini memiliki layout radar yang sama dengan Ob-1040 dan tentunya stabiliasi platform yang sulit didapatkan untuk masa itu pada platform kendaraan ringan.  Sekalipun terdapat perbedaan layout dari yang berbasis darat.  SA-N-4 ini memiliki kesamaan/commonality sebesar 70% bahkan memanfaatkan rudal yang sama.

BACA JUGA :  Mengenal Boeing AH-64E Apache Guardian, Helikopter Tempur Pesanan TNI AD

Dari Osa-A ke Osa-AK

Secara resmi sistem hanud Osa diterima masuk dinas pada tahun 1971. Namun demikian bukan berarti masalah pengembangan selesai. Suatu waktu, menteri pertahanan Uni Soviet Dimitry Ustinov berkunjung ke pabrikan NIEMI yang memproduksi Osa.  Beliau menyampaikan komplain terkait jumlah rudal yang dibawa oleh sistem Osa ini kurang lebih semacam ini :

Menteri : Kamerad Desainer, anda hanya mempersenjatai sistem ini dengan 4 rudal, kami membutuhkan 8.

V.P Efremov : Mohon maaf, daya muat kendaraan tidak cukup untuk kapasitas tersebut.

BACA JUGA :  Profil Kekuatan Angkatan Laut Malaysia 2016

Menteri : Itu masalah anda, laporkan bilamana sudah terlaksana.

Akhirnya dilakukan pengkajian lebih lanjut mengenai permintaan sang menteri. Hasil kajian tersebut menunjukkan bahwa adalah tidak mungkin untuk menempatkan 8 rudal seperti permintaan. Namun 6 rudal dapat diberikan.  Perubahan ini mengharuskan pergantian desain rudal dari yang semua siripnya tidak bisa dilipat, menjadi bisa dilipat.

9M33M2
Rudal 9M332 untuk Osa-AK. Sirip ekor dapat dilipat

hasilnya adalah Osa-AK yang diterima masuk dinas pada tahun 1975. Ekspor terhadap sistem ini dimulai pada tahun 1980.

Osa-AK
Osa-AK varian pertama yang diadopsi dan diekspor secara luas

Pada tahun 1975, juga dimulai program pemutakhiran. Utamanya dalam bidang radar dimana dilakukan penambahan kemampuan untuk mendeteksi helikopter yang sedang melakukan hovering/mengambang di udara.  Varian ini kemudian diberinama Osa-AKM.

BACA JUGA :  LORA, Rudal Kontainer Israel Yang Hantam Target Sejauh 400 KM

Dari Osa-AKM ke Cakra Baskara

Sistahanud Osa terbukti sangat populer dengan luasnya konsumen ekspor mulai dari Eropa timur, Afrika, Amerika Selatan dan Timur tengah. Sistem ini juga dioperasikan oleh Yunani yang notabene anggota NATO bersama dengan sistem Tor (Sa-15 Gauntlet).

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PKR REM 331

Thales Siapkan Sistem Manajemen Tempur TACTICOS Generasi Terbaru Untuk Indonesia

0
HobbyMiliter.com - Perusahaan Thales Nederland, divisi perusahaan Thales di Belanda, telah menyelesaikan integrasi sistem dan uji kelayakan sistem manajemen pertempuran TACTICOS pada KRI Raden...

Recent Comments