Sunday, October 2, 2022
HomeBlog MiliterReferensiHasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum

Hasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum

1. Tinggal dalam Goa atau Arbis Sous Roche
Kita bisa mengetahui hasil kebudayaan zaman Mesolitikum dari adanya penelitian yang dilakukan di Goa Lawu yang ada di daerah Ponorogo yang dilakukan oleh peneliti dari Belanda yang bernama Van Steil Callenfels. Di melakukan penelitian pada Gua Lawu dan menemukan banyak peralatan yang terbuat dari tulang, yang diperkirakan adalah peninggalan dari zaman Mesolitikum.

2. Toala
Hasil kebudayaan zaman mesolitikum lainnya adala Toala. Toala adalah kebudayaan dengan cara mengubur manusia yang sudah meninggal di dalam goa dan setelah tulang manusia mengering maka akan dijadikan kenang-kenangan oleh keluarganya.
Selain itu di Suku Toala juga terdapat Goa yang terdapat lukisan dan ukiran tentang pemburuan babi di dinding Goanya. Suku Toala berada di provinsi Sulawesi Selatan dan di daerah tersebut terdapat goa yang memiliki banyak peninggalan zaman mesolitikum seperti flake atau alat serpih bergerigi dan hitam, peralatan yang terbuat dari tulang, kulit hewan, gerabah, batu penggiling, dan pebble.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-35B Ligtning II, F-35 Turki adalah F-35A

Menlu Turki: F-35 Turki Pertama Akan Dikirim Juni

0
Menlu Turki: F-35 Turki Pertama Akan Dikirim Juni - HobbyMiliter.com. Turki sedang menunggu pengiriman perdana pesawat tempur generasi kelima F-35 Lightning II di bulan...
KRI 971 Tanjung Kambani

KRI Tanjung Kambani 971

Recent Comments