Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterSejarahDampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Dampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Saat itu tentara Inggris melakukan penyerangan hingga terjadi pertempuran sengit, dimana pertempuran tersengit terjadi di Desa Dayeuhkolot yang berada di sebelah selatan Bandung. Penyebabnya adalah karena keberadaan gudang amunisi besar milik tentara sekutu di sana yang ditargetkan untuk dihancurkan oleh dua anggota milisi Barisan Rakyat Indonesia atau BRI, Muhammad Toha dan Ramdan.

Misi mereka berhasil namun dengan mengorbankan nyawa mereka, Mohammad Toha meledakkan gudang dengan dinamit saat mereka berada di dalamnya. Walau awalnya staf pemerintahan Bandung berniat tetap tinggal di dalam kota, namun akhirnya mereka memutuskan untuk ikut evakuasi dari Bandung pada pukul 21.00 demi keselamatan mereka.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI AL Rencanakan Lepas Meriam Utama KRI Slamet Riyadi 352 Untuk Dijadikan Simulator

TNI AL Rencanakan Lepas Meriam Utama KRI Slamet Riyadi 352 Untuk...

2
TNI AL Rencanakan Lepas Meriam Utama KRI Slamet Riyadi 352 Untuk Dijadikan Simulator - HobbyMiliter.com - Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Laut dikabarkan hendak...

Recent Comments