Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterSejarahDampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Dampak Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Terhadap Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa tersebut mengilhami terciptanya lagu Halo, Halo Bandung yang hingga kini penciptanya masih menjadi bahan perdebatan. Lagu tersebut menjadi kenangan emosi para pejuang kemerdekaan Indonesia saat itu yang menantikan saatnya mereka bisa kembali lagi ke kota tercinta mereka yang telah menjadi lautan api.

Istilah Bandung Lautan Api sendiri muncul di harian Suara Merdeka edisi 26 Maret 1946 oleh wartawan muda, Atje Bastaman. Atje menyaksikan pemandangan pembumihangusan Bandung yang membuat Bandung memerah dari Cicadas hingga Cimindi dari atas bukit Gunung Leutik di sekitar Pameungpeuk. Setibanya di Tasikmalaya, Atje dengan semangat menulis berita yang disaksikannya tersebut dan memberinya judul Bandoeng Djadi Laoetan Api, namun kemudian disingkat menjadi Bandung Lautan Api karena kurangnya ruang untuk judul panjang tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

74-russian-helicopters-pamerkan-sistem-pencahayaan-suhu-terbaru

Russian Helicopters Pamerkan Sistem Pencitraan Suhu Gelap Gulita

0
Hobbymiliter.com - Pabrikan lensa elektronik Rusia, Shvabe, dan perusahaan Russian Helicopters resmi memperkenalkan unit helikopter angkut militer yang diberi nama Mi-17V-5. Helikopter ini dipersenjatai...

Recent Comments